Droe Keu Droe

Selamatkan Batu Nisan Bernilai Sejarah

ACEH banya menyimpan peninggalan sejarah, di antaranya batu-batu nisan kuno yang unik

ACEH banya menyimpan peninggalan sejarah, di antaranya batu-batu nisan kuno yang unik dengan gaya khat dan makna tulisan tertentu (dalam bahasa Arab). Hemat saya, batu nisan ini semakin berkurang, karena tidak sedikit orang Aceh yang menjadikannya sebagai batu asah pisau, parang dan sejenisnya.

Sedih rasanya ketika batu nisan tersebut sudah terbelah menjadi beberapa bagian, walaupun keberadaan batu nisan itu ada hubungan dengan keluarga/kepemilikan tanah, di mana batu nisan itu berada. Saya khawatir, batu nisan yang ada di Aceh ini, jika tidak dijaga dengan baik, maka akan semakin berkurang jumlahnya dan hilang.

Akhirnya saya memohon kepada semua masyarakat Aceh, khususnya pemerintah yang bertanggung jawab di bidang Cagar Budaya Aceh untuk menyosialisasikan kembali/mengatur sebuah aturan dalam rangka menjaga batu nisan yang bernilai sejarah Aceh, dengan harapan batu tersebut menjadi situs sejarah yang akan dijadikan lahan pengkajian sejarah Aceh yang belum terjawab.

Saya tidak bermaksud untuk berlebih-lebihan terhadap batu nisan yang bernilai sejarah tersebut, tetapi saya yakin bahwa suatu saat batu nisan yang bernilai sejarah tersebut akan bermanfaat dalam proses penggalian informasi terhadap sejarah Aceh.

Mujiburrahman, S.Pd.I, MA.
Pengajar Tahsin Alquran Ma’had Ali UIN Ar-Raniry Email: mujib_sabang@yahoo.com

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved