Tanggul Ambruk Dihantam Ombak

Sepanjang 50 meter tanggul pengaman pantai laut di Desa Pasir, Kecamatan Johan Pahlawan

Tanggul Ambruk Dihantam Ombak
Keuchik Desa Pasir, Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat, Romi Saputra Jaya didampingi Sekdes, M Amin memperlihat tanggul pengaman pantai di desa mereka ambruk dihantam ombak, Sabtu (7/5). 

* Desa Pasir Terendam Air Laut

MEULABOH - Sepanjang 50 meter tanggul pengaman pantai laut di Desa Pasir, Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat, ambruk pascadihantam ombak dalam beberapa hari terakhir. Selain menjebolkan tanggul berkontruksi semen yang dibangun tahun 2015, ombak pasang purnama menghantam ratusan meter lain tanggul berbahan goni yang menyebabkan pemukiman warga terendam.

Keuchik Pasir Romi Saputra Jaya kepada Serambi, Sabtu (7/5) mengungkapkan tanggul yang ambruk dihantam ombak selama ini menjadi pelindung pemukiman warga dari pasang laut yang sering melanda perkampungan. Namun kini puluhan meter tanggul lainnya di lokasi itu juga terancam ambruk.

Romi mengungkapkan, pasang purnama juga merendami pemukiman warga Desa Pasir juga merendam desa tetangga yakni Desa Suak Indrapuri dan Kampung Belakang. Menurutnya dibutuh tanggul yang lebih kuat untuk mengatasi hantaman ombak pasang purnama. Menurutnya usulan tersebut sudah pernah disampaikan dalam tiga tahun terakhir melalui Musrenbang.

“Namun sejauh ini belum ada realisasi,” ungkap Romi di sela memimpin gotong royong bersama warga mengisi tanah dalam goni untuk diletakkan di lokasi tanggul jebol. Romi mengatakan, beberapa tahun silam sebanyak 30 rumah permanen di Desa Pasir yang dibangun NGO pascatsunami juga tidak dapat dihuni lagi karena hancur dihantam air laut ketika pasang besar terjadi.

Ia menambahkan keberadaan tanggul di Desa Pasir selama ini dibangun bersifat darurat menggunakan karung. Sehingga ketika ombak besar disertai pasang purnama menerjang tanggul tak sanggup menahan dan akhirnya jebol. “Masyarakat sangat menantikan adanya pembangunan tanggul permanen karena imbas pasang juga melanda Desa Kampung Belakang dan Suak Indrapuri,” ujar Romi didampingi Sekdes M Amin.

Kepala Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Barat Saiful AB mengatakan pihaknya akan melaporkan kepada BNPB terhadap kasus jebolnya tanggul di Desa Pasir dan Suak Indrapuri. Menurutnya untuk mengatasinya, untuk sementara Kamis lalu sudah dikerahkan satu alat berat untuk membersihkan tanah yang menutupi badan jalan, serta mengisi tanah dalam karung untuk menahan air. “Kita berhadap BNPB dapat membantu pembangunan tanggul yang lebih kokoh,” ujar Saiful.(riz)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved