BPS Jalin Kerja Sama dengan Tiga Universitas

Badan Statistik Provinsi Aceh (BPS) menjalin kerja sama dengan tiga perguruan tinggi di Aceh

BANDA ACEH - Badan Statistik Provinsi Aceh (BPS) menjalin kerja sama dengan tiga perguruan tinggi di Aceh, kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan naskah kerja sama (MoU) dengan Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry, Unsyiah dan Universitas Abulyatama Aceh, Kamis (12/5) malam di Hotel Hermes Palace, Banda Aceh.

Kepala BPS Aceh Hermanto SSi, MM usai melakukan penandatangan MoU mengatakan, keinginan BPS Aceh untuk melakukan kerja sama dengan perguruan tinggi yang ada di Aceh sudah lama direncanakan, namun baru terlaksana saat ini, ini merupakan sejarah dan yang pertama kali dilakukan di Aceh.

“Kerja sama dengan perguruan tinggi ini dalam rangka menjadi partnership dalam hal validasi data, hal tersebut sangat baik dilakukan bersama para akademisi, selama ini pemahaman data masih sangat kurang baik bagi akademisi maupun masyarakat secara umum,” ujarnya.

Karenanya, kata Hermanto, diharapkan ke depan kepada para dosen dan mahasiswa serta seluruh akademisi agar mampu memahami dan mengerti untuk memaknai data BPS ini. “Dengan kerja sama ini kami harapkan pula kepada perguruan tinggi agar dapat memberi masukan kepada BPS untuk memperoleh data yang lebih baik dan sempurna di masa akan datang,” tandas Hermanto.

Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan Kerja Sama Dr H Syamsul Rijal MAg mengatakan, pihak UIN Ar-Raniry sangat apresiatif dari inisiasi BPS Aceh yang telah menyertakan para akademisi yang berada di Perguruan Tinggi di Aceh untuk berpartisipasi dalam perstatistikan.

“Bagaimana pun rekomendasi kebijakan apapun kalau yang bersumber dari data yang ditangani oleh para ahli dan pakar, tentu akan punya nuansa yang berbeda,” ujarnya.

Syamsul berharap ke depan dengan adanya kerjasama ini, akan ada nuansa baru di BPS Aceh yang telah menginisiasi.

“Kita juga berharap akan diikuti oleh BPS yang ada di provinsi lain di seluruh Indonesia, karena peranan pihak akademisi dalam hal data statistik sangat diperlukan, saling membutuhkan dan bagi para peneliti juga akan membutuhkan data-data yang telah dihimpun. Sebaliknya BPS juga akan sangat membutuhkan partisipasi dari para pakar akademisi untuk meningkatkan profesionalitas dalam bekerja,” kata Warek UIN Ar-Raniry.(rel/avi)

tiga universitas

  •  Universitas Syiah Kuala (Unsyiah)
  •  Universitas Islam Negeri (UIN)
  •  Universitas Abulyatama
Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved