Breaking News:

Galus Targetkan Jadi Lumbung Benih Padi

Pemerintah Kabupaten Gayo Lues (Galus) menargetkan menjadi lumbung benih padi di kawasan dataran tinggi Gayo

BLANGKEJEREN - Pemerintah Kabupaten Gayo Lues (Galus) menargetkan menjadi lumbung benih padi di kawasan dataran tinggi Gayo mulai tahun depan. Saat ini, tiga desa yang tersebar di tiga kecamatan ditetapkan sebagai tempat penangkaran benih padi, sehingga benih tidak perlu lagi dari luar daerah, terutama Sumatera Utara.

Gerakan penanaman penangkaran benih padi telah dilakukan di salah satu desa Kecamatan Rikit Gaib pada Kamis (26/5) oleh Kepala Dinas Pertanian Aceh yang merupakan putra Galus, Prof Dr Abubakar Karim. Direncanakan, masing-masing desa diplotkan seluas 20 hektare sebagai kawasan penangkaran benih padi dengan total 60 hektare yang bersumber dari APBK, APBA dan APBN 2016.

Kepala Dinas Pertanian, Peternakan dan Perikanan Galus, Nopal SP kepada Serambi, Jumat (27/5) mengatakan tiga desa akan menjadi pusat benih padi unggul mulai tahun depan. Disebutkan, area penangkaran benih padi tidak boleh dicampur dengan tanaman lagi, karena bisa terjadi perkawinan silang melalui serbuk bunga.

Dia mengatakan ketiga desa akan menjadi lumbung padi, sekaligus tempat penangkaran benih padi yakni Penomon Jaya di Kecamatan Rikit Gaib, Porang Ayu di Kecamatan Blangpegayo dan satunya lagi di Agusen, Kecamatan Blangkejeren.

“Lahan penangkaran benih padi tidak boleh bercampur dengan jenis tanaman padi lainnya untuk mengantisipasi agar tidak terjadi kawin silang melalui bunga padi,” jelasnya. Menurut Nopal, penangkaran benih itu bisa dilakukan di lahan berdekatan, akan tetapi jadwal musim tanam harus berbeda.

“Sebelumnya, hanya satu desa yang dicanangkan menjadi lokasi penangkaran benih padi, namun melalui Dinas Pertanian Aceh ditambah dua desa,” ujarnya. Dia mengatakan pada tahun ini hanya tiga desa yang dijadikan sebagai lumbung penangkaran benih padi, tetapi tahun depan akan ditambah, karena peluang masih terbuka lebar.(c40)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved