Droe Keu Droe

Menyoal Rekaman Lagu Bunda Illiza

RUI bulee lon deungo su Bunda llliza (tegak bulu kuduk saya mendengar suara Bunda llliza) di rekaman lagu “Surga Menanti”

RUI bulee lon deungo su Bunda llliza (tegak bulu kuduk saya mendengar suara Bunda llliza) di rekaman lagu “Surga Menanti” (https://youtu.be/RvsV_KNPwKc). Sebagai penikmat seni, menurut saya, suara bunda Illiza Sa’aduddin Djamal sangat bagus. Terlebih ia menyanyikannya, penuh makna, menambah kualitas seni lagu itu sendiri.

Memang saya tidak mengenal sosok Bunda Illiza dengan baik, saya hanya pernah bertemu beliau sekali di lapangan Blang Padang, Banda Aceh, waktu beliau sedang jogging. Setelah itu tidak pernah lagi sama sekali. Akan tetapi, saya senang mengikuti informasi terkait kegiatan Bunda Illiza di sosial media.

Saya tidak punya kapasitas apa-apa untuk mengomentari “apa yang sedang hits di kota Banda Aceh saat ini”. Terkait beberapa hari yang lalu, Bunda nonton bareng di satu Bioskop XXI di Jakarta dan sekarang Bunda melakukan rekaman. Saya melihat seperti ada kebingungan dari sebagian rakyat Aceh, khususnya anak-anak muda Aceh terhadap “sikap Bunda” ini. Lagi-lagi mengenai “perempuan yang rekaman atau bernyanyi” bagaimana hukumnya dalam Islam, apakah memang haram atau ada tafsiran lain?

Namun, ada satu hal yang saya pikir penting di sini, alangkah baiknya kalau Bunda punya waktu untuk menjelaskan sikap Bunda ini. Anak-anak muda Aceh butuh jawaban atas kebingungannya, mengingat “sebagian dari anak muda Aceh” khususnya pelaku dan penikmat seni, saya rasa sebagian dari mereka merasa selama ini ruang gerak mereka “terbatas” dan “kurang mendapat dukungan”.

Itu pun kalau saya tidak salah menilai, karena saya hanya orang Aceh yang menilai dari luar dan tidak banyak tahu perkembangan sesungguhnya di lapangan. Semoga Bunda membaca dan bisa dan menjawab kebingungan ini. Terima kasih.

Hanifah Hasnur
Warga Aceh tinggal di Jakarta.
Email: hanifahhasnur@gmail.com

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved