Breaking News:

Ramadhan 2016

Menikmati Menu Berbuka, Dengan Kanji Rumbi Ala Islamic Center

kanji rumbi yang satu ini, jelas berbeda, dari segi aroma dan rasa bubur kanji tersebut dijamin membuat yang mencicipinya pasti ketagihan.

Penulis: Zaki Mubarak | Editor: Amirullah
SERAMBI/M ANSHAR
Petugas sedang memasak Kanji Rumbi untuk menu berbuka puasa 

Laporan Zaki Mubarak | Lhokseumawe

SERAMBINEWS.COM, LHOKSEUMAWE - Bubur kanji rumbi adalah salah satu menu berbuka yang cukup khas dan disenangi masyarakat khususnya di Aceh.

Kanji rumbi yang diracik berbagai rempah-rempah tersebut menjadi salah satu menu favorit warga saat waktu berbuka puasa.

Abdul Aziz Ibrahim, sang peracik bubur kanji rumbi di Islamic Center Lhokseumawe, menjelaskan kepada Serambinews.com, kanji rumbi merupakan makanan yang di sajikan saat bulan ramadhan.

Bahan utam a pada saat proses pembuatan kanji tersebut, menurut Abdul Aziz, antara lain beras dengan kualitas terbaik, bumbu dari rempah-rempah pilihan, lada murni, santan, air, sementara untuk menu tambahan pelezat lainnya dikasih udang, tulang-tulang daging sapi, lalu daging ayam yang disuir.

Aziz melanjutkan, bumbu dengan kualitas terbaik adalah, bawang merah, bawang putih, jahe, serai, garam, daun sop, bawang prei, merica, dan buah pala, minyak goreng, kulit kayu manis, bunga lawang india, ketumbar, dan jintan manis, lalu juga diberikan cengkeh, dan buah kapulaga.

“Semuanya diracik secara khusus dan memiliki takarannya sendiri, tidak boleh terlalu banyak, dan juga tidak boleh kurang,” katanya.

Ia sendiri sendiri sudah lama menjadi koki khusus memasak kanji rumbi. Saat ini Aziz sudah berumur 58 tahun. Setiap memasuki bulan Ramadhan mendapat pekerjaan menjadi juru masak kanji rumbi di Islamic Center.

Bubur kanji rumbi itu sekilas tampak sama dengan bubur biasa lainnya. Namun untuk kanji rumbi yang satu ini, jelas berbeda, dari segi aroma dan rasa bubur kanji tersebut dijamin membuat yang mencicipinya pasti ketagihan.

Nah, bagi warga yang ingin merasakan silahkan datang mulai pukul 17.30 WIB panitia Ramadhan Masjid Agung Islamic Center Lhokseumawe akan membagikan kanji rumbi gratis bagi seribuan masyarakat dan berlangsung sampai 29 Ramadhan mendatang.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved