Seuramo Hijrah Bank Aceh

Mudah, Gadai Emas Syariah di Bank Aceh

GADAI Emas Syariah atau pembiayaan Qard menggunakan prinsip syariah dengan akad qardh

GADAI Emas Syariah atau pembiayaan Qard menggunakan prinsip syariah dengan akad qardh, rahn, dan ijarah, yaitu penyerahan hak penguasaan secara fisik emas dari nasabah kepada bank sebagai agunan atas pembiayaan yang diterima.

Banyak orang berpikir untuk mendapat pembiayaan dari bank sangat sulit dan membutuhkan waktu lama karena banyaknya syarat administratif serta birokrasi yang harus diselesaikan nasabah. “Padahal tidak selalu benar kondisinya seperti itu,” kata salah satu Costumer Service (CS) terbaik Bank Aceh Syariah, Intan Baiduri, Kamis (9/6).

Menurutnya, Bank Aceh Syariah menjawab persoalan tersebut dengan menawarkan salah satu produk unggulannya berupa Pembiayaan Qard Beragun Emas iB atau Gadai Emas, seperti yang sudah dijalankan selama ini dan tetap diteruskan ketika Bank Aceh nantinya sudah syariah 100 persen atau tak ada lagi bank konvensional yang rencana konversi itu mulai Agustus 2016 atau bertepatan HUT ke-43 Bank Aceh.

Didampingi Corporate Secretary Bank Aceh, Amal Hasan, Intan menjelaskan pembiayaan Qard memiliki banyak keunggulan, salah satunya proses dan pencairannya sangat mudah, tak lama, dan perjanjiannya sesuai prinsip syariah. “Nasabah cukup hanya mengisi formulir yang disediakan dan menyerahkan agunan berupa emas untuk digadai. Kemudian pembiayaan yang diajukan dapat segera dieksekusi oleh bank,” jelasnya.

Intan menyebutkan Qard merupakan skim pembiayaan berjangka waktu pendek (rata-rata 1-3 bulan) dan dapat diperpanjang jika nasabah membutuhkan sebagaimana kesepakatan dengan bank. Hal ini juga merupakan keunggulan lainnya dari produk pembiayaan ini.

Intan memastikan dalam produk pembiayaan Qard ini, keamanan agunan (emas) dijamin keamanannya karena bank menggunakan prosedur pengamanan sesuai standar ditetapkan OJK. Selain itu, seluruh agunan nasabah juga dicover oleh asuransi, sehingga ketika nasabah mengklaim kembali agunannya, pihak bank akan mengembalikan ke nasabah secara utuh tanpa cacat sedikit pun alias masih sesuai aslinya, seperti saat diserahkan.

Intan menambahkan Bank Aceh Syariah menawarkan produk Pembiayaan Qard Beragun Emas iB juga untuk membantu aktivitas ekonomi masyarakat, seperti tambahan modal untuk pedagang atau kebutuhan dana cepat lainnya untuk pengusaha jasa konstruksi, termasuk untuk kebutuhan pengurusan warkat Bank Garansi. (*)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved