Droe Keu Droe

Imbauan Pemko Lhokseumawe Patut Diacungi Jempol

IMBAUAN larangan merokok bagi wanita di tempat umum, yang dikeluarkan Pemko Lhokseumawe

IMBAUAN larangan merokok bagi wanita di tempat umum, yang dikeluarkan Pemko Lhokseumawe sungguh merupakan capaian yang luar biasa dan patut diacungi jempol. Mengingat sampai saat ini, kota Banda Aceh sendiri sebagai ibu kota provinsi, terkait larangan merokok ini belum terlihat nyata pelaksanaannya.

Namun, ada sedikit kejanggalan di sini, ketika didapati kenyataan bahwa imbuan ini hanya dituju untuk kalangan wanita saja. Saya jadi berpikir apakah di sini laki-laki tak tersentuh hukum, bebas dari aturan ini?

Aceh adalah negeri syariat, yang sangat menjunjung kaum perempuan. Jika ini satu cara untuk menghormati kaum perempuan, pastinya akan lebih masuk akal, bila larangan merokok di tempat umum ini juga berlaku untuk laki-laki, mengingat dampak merokok tersebut tidak hanya akan dirasakan oleh perokok sendiri tetapi juga perokok pasif di sekitarnya baik laki-laki maupun perempuan.

Pemerintah Aceh sudah sangat komit dengan upaya amar ma’ruf nahi munkar-nya. Lalu, apakah membatasi konsumsi rokok di tempat-tempat umum dan menciptkan udara segar untuk non-perokok bukan sebagai bentuk amar ma’ruf nahi munkar? Dibutuhkan peran pemerintah Aceh yang jelas dalam mengatur perda dan imbauan pengendalian konsumsi rokok di tempat-tempat umum di Aceh. Karena hal ini, tidak hanya menyangkut kebaikan bagi perokok itu sendiri, tetapi juga menyangkut kemaslahatan hidup orang banyak.

Saya berharap, hendaknya pemerintah bisa lebih serius dalam hal pengendalian konsumsi rokok ini. Dan yang tak kalah penting adalah jangan sampai kebijakan yang aturannya hanya untuk kelompok tertentu saja ini menjadi tidak masuk akal mengingat baik laki-laki maupun perempuan perokok sama-sama berpotensi memberi dampak buruk yang sama untuk lingkungan kita.

Harapan saya, semoga kebijakan pemko Lhokseumawe dalam hal menciptakan lingkungan yang lebih kondusif di bulan Ramadhan ini bisa menjadi role model untuk kabupaten/kota lainnya di Aceh. Semoga!

Hanifah Hasnur
Warga Aceh tinggal di Jakarta. Email: hanifahhasnur@gmail.com

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved