Breaking News:

Advertorial

Kepala Desa: Kami tak Puas

KUNJUNGAN Wakil Ketua III DPRA, H Dalimi SE Ak ke lokasi pengerukan waduk Lhok Seumani

KUNJUNGAN Wakil Ketua III DPRA, H Dalimi SE Ak ke lokasi pengerukan waduk Lhok Seumani juga turut didampingi Keuchik Alue Lada, Sulaiman, tokoh masyarakat setempat, Ayah Min, dan tokoh pemuda, Zainal Abidin.

Dalam kesempatan tersebut, Sulaiman menyampaikan bahwa kualitas pekerjaan waduk tersebut masih di bawah spek atau tidak sesuai dengan gambar perencanaannya. Dalam usulan awal, kata Sulaiman, pihaknya meminta tanah hasil pengerukan dibuang ke luar waduk, bukan diletakkan di pinggir waduk.

“Faktanya, hanya sedikit yang dibuang ke luar waduk dan banyak yang diletakkan di pinggir dinding waduk. Akibatnya, saat hujan datang, tanah kerukan itu masuk lagi ke dalam waduk yang sudah dikeruk,” ujarnya.

Kedua lanjut Sulaiman, dinding waduk yang dibuat tidak menggunakan sisten tangga atau terassering, tetapi langsung di cor rata, miring sesuai bidang dinding waduk. Ketiga, rehabilitas saluran pensuplai air ke sawah petani juga dibuat asal jadi, dengan semen cor kualitas rendah.

“Lantai saluran air saat ini banyak yang bocor dan berlubang, karena batu bulatnya hanyut dibawa air. Akibatnya air yang masuk ke sawah petani jadi tidak maksimal,” ujar Sulaiman.

Sementara Ayah Min mengungkapkan, di desanya, pengerjaan asal jadi ini tidak hanya terjadi di proyek Waduk Lhok Seumani, tetapi juga terjadi pada proyek pembangunan saluran air Waduk Lhok Keumude. Saluran tersebut ia sebutkan banyak yang sudah patah dan berlubang karena pinggirannya tak ditimbun tanah dan tak diberi tiang beton.

“Kami khawatir, ketika terjadi banjir, semua dinding saluran air bisa roboh, karena tidak ada tiang penahannya dan tanah timbun di belakang batu bulat yang telah dipasang setinggi 80 cm tersebut,” ujar Ayah Min.(**)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved