Berkas Sipir Lepas Napi ke Jaksa

Penyidik Satreskrim Polres Aceh Utara, sudah melimpahkan berkas perkara kaburnya seorang narapidana (napi)

* Dua Napi Kabur dari Rutan Lhoksukon belum Ditemukan

LHOKSUKON - Penyidik Satreskrim Polres Aceh Utara, sudah melimpahkan berkas perkara kaburnya seorang narapidana (napi) dari Rumah Tahanan Negara (Rutan) Lhoksukon, ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Aceh Utara. Kasus tersebut menyeret tersangka Junaidi, sipir di Rutan Lhoksukon.

Untuk diketahui, Junaidi yang bertugas sebagai komandan jaga, pada 20 Mei 2016 mengeluarkan M Daini, napi asal Matang Raya, Kecamatan Baktiya, Aceh Utara, dari rutan tersebut tanpa seizin kepala rutan. Setelah dikeluarkan, napi tersebut kabur dan sampai sekarang belum kembali.

Junaidi ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus itu setelah penyidik mendapatkan dua alat bukti yang cukup. Tersangka dijerat Pasal 426 KUHPIdana tentang pejabat yang diberi tugas menjaga orang yang dirampas kemerdekaannya dengan sengaja membiarkan orang tersebut melarikan diri.

“Kasus napi yang dibawa keluar tanpa izin hingga akhirnya kabur, berkasnya sudah kita limpahkan ke jaksa. Kita tunggu saja berkasnya dinyatakan lengkap oleh kejaksaan,” kata Kapolres Aceh Utara AKBP Wawan Setiawan melalui Kasat Reskrim AKP Mahliadi kepada Serambi, Jumat (17/6).

Kasat Reskrim AKP Mahliadi menambahkan, pihaknya masih terus mencari keberadaan M Diani, dan seorang napi lainnya yang kabur duaminggu setelah M Diani, yaitu Wadirulah.(jaf)

* napi kabur dari rutan

  • Wadirullah (32), narapidana asal Desa Pulo Bluek, Kecamatan Meurah Mulia, Aceh Utara. Ia kabur dari Rutan Lhoksukon, Sabtu (11/6) pukul 06.45 WIB. Napi tersebut divonis tujuh tahun penjara dalam kasus pencabulan. Hingga kini ia baru menjalani masa hukuman sekitar 10 bulan. Selama menjalani hukuman, ia ikut membantu di bagian dapur rutan
  • M Diani, narapidana asal Matang Raya, Kecamatan Baktiya, Aceh Utara. Ia kabur 20 Mei 2016 setelah diizinkan pulang oleh seorang sipir bernama Junaidi, tanpa sepengetahuan kepala rutan. Setelah itu, M Diani tak kembali lagi ke rutan. M Diani divonis enam tahun penjara dalam kasus narkoba
Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved