Breaking News:

LBH Dekopin Aceh Disosialisasikan

Badan Penyuluh Konsultasi Hukum Dewan Koperasi Indonesia Wilayah (BPKH Dekopinwil)

Editor: bakri

BANDA ACEH - Badan Penyuluh Konsultasi Hukum Dewan Koperasi Indonesia Wilayah (BPKH Dekopinwil) Aceh menyosialisasikan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Dekopin Aceh kepada 60 mahasiswa dan pemuda di Kantor Dekopin Aceh kawasan Blangbintang, Aceh Besar, Kamis (16/6). Ketua Dekopinwil Aceh, Drs Mahadi Bahtera SE MSi CD, dalam sambutannya saat acara ini, antara lain mengatakan kehadiran lembaga diprakarsai DR Sulaiman SH MHum dan diketuai T Rachmat SH ini sangat tepat dalam membantu Pemerintah Aceh. Pasalnya, dalam lembaga melibatkan lawyer yang paham koperasi ini, Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) bersama Dekopinwil Aceh/DA sedang mengevaluasi koperasi tak aktif dan pembubarannya sesuai Undang-Undang.

“Karena itu diperlukan LBH Dekopin untuk melakukan kajian/pendampingan/konsultasi hukum, baik tentang asset maupun pembubarannya agar tak salah dan tanpa merugikan semua pihak,” kata Drs Mahadi seperti dikutip dalam siaran pers dikirim kepada Serambi kemarin.

Menurut Mahadi, semakin membaiknya perkembangan koperasi saat ini dan turunnya persentasi koperasi tidak aktif merupakan sesuatu yang patut disyukuri. Selain itu, peran Dekopinwil sebagai mitra Dinas Koperasi & UKM Aceh harus lebih baik lagi, apalagi saat ini Pemerintah melalui Kepala Dinas Koperasi dan UKM Aceh, Mulyadi SPd MM, serta para kabid dinas ini sangat mendukung kegiatan Dekopinwil Aceh. “Salah satunya akan dibangun Kantor Dekopinwil Aceh di lokasi Kantor Dinas Koperasi dan UKM Aceh serta adanya program Bimtek dan Rakor Koordinasi Dekopin,” ujarnya.

Adapun program Dekopin masuk kampus, kata Mahadi, untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa dan mahasiswi tentang koperasi. Pasalnya selama ini generasi muda hampir tidak lagi mengenal jati diri, prinsip dan nilai, sehingga mahasiswa dan mahasiswi dari 20 PTN/PTS sudah dilatih sebagai motor penggerak pemuda-pemudi cinta koperasi. “Dan insya Allah sebagian sudah bergabung pada badan khusus Dekopin, antara lain lembaga pendidikan koperasi (Lapenkop), Badan Komunikasi Wanita Koperasi (BKWK), Badan Komunikasi Pemuda Koperasi (BKPK), Badan Penyuluh Konsultasi Hukum (BPKH), Lembaga Pemberdayaan Jaringan Usaha Koperasi (LP-JUK), dan Pusat Informasi Perkoperasian (PIP),” kata Mahadi seraya menyebut turut hadir dalam acara ini Kadis Koperasi dan UKM Aceh, Mulyadi SPd MM yang juga Pembina Dekopinwil Aceh. (sal/rel)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved