Breaking News:

Ormas Garda Teuku Umar Terbentuk

Masyarakat Aceh perantauan yang berdomisi di Jabodetabek, Sabtu (18/6), resmi membentuk Garda

Editor: bakri

DEPOK - Masyarakat Aceh perantauan yang berdomisi di Jabodetabek, Sabtu (18/6), resmi membentuk Garda Teuku Umar (GTU) untuk wilayah Jabodetabek. Acara tersebut dirangkat dengan kegiatan buka puasa bersama yang berlangsung di kediaman Ali Bardan, Cluster Espanyola - Komplek Telaga Golf Sawangan, Depok.

Sebagaimana isi siaran pers yang diterima Serambi kemarin, Sekjen GTU, Samsul B Ibrahim, dalam kata sambutannya menyatakan bahwa pembentukan organisasi Garda Teuku Umar dilatarbelakangi oleh semangat persatuan masyarakat Aceh perantauan yang ia nilai masih belum maksimal.

Keberadaan GTU nantinya lebih difokuskan pada penggalangan persatuan masyarakat Aceh, serta memberikan advokasi kepada masyarakat Aceh parantauan.

“Selama ini masih banyak persoalan-persoalan yang dihadapi oleh masyarakat Aceh perantauan yang luput dari advokasi kita bersama, sehingga terkesan bahwa masyarakat Aceh tidak saling peduli satu sama lain. Kejadian pembakaran masyarakat Aceh di tugu Monas beberapa waktu lalu merupakan pelajaran bagi kita bersama, bahwa korban adalah keluarga yang harus kita bela. Kemudian juga ada beberapa pengusaha Aceh di Kota Bogor yang sering di pungli oleh preman- preman setempat,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Sekjen Garda TU secara tegas menyatakan bahwa organisasi ini bukanlah organisasi politik dan tidak berafiliasi dengan salah satu partai politik manapun, atau mendukung salah satu calon kandidat politik.

“Kami tidak mau adanya kepentingan-kepentingan yang akan merusak persatuan masyarakat Aceh perantauan dan merusak cita-cita oranisasi,” tegas dia.

Garda TU akan dideklarasikan pada bulan Juli mendatang dengan mengambil tempat di Tugu Proklamasi. Kemudian Garda TU akan dibentuk di Yogyakarta, Surabaya, Semarang, Batam dan provinsi lain di Indonesia dimana masyarakat Aceh perantauan berdomisili.(yos)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved