Breaking News:

Lintas Barat Selatan Padat Pemudik

sehingga banyak pengguna jalan mengabaikan keselamatan saat berkendara.

Penulis: Misran Asri | Editor: Fatimah
SERAMBINEWS.COM
Ilustrasi 

Laporan  Misran Asri | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Bagi anda para pemudik atau pengguna jalan yang sekedar menghabiskan waktu liburan menuju ke lintas barat selatan, diminta meningkatkan kewaspadaan.

Pasalnya sejak Jumat hingga hari ini, Minggu (10/7/2016) ruas jalan nasional Banda Aceh-Meulaboh dipadati kendaraan roda dua dan empat milik pemudik.

Hal itu dikarenakan mulai hari Senin (11/7/2016) besok, aktivitas perkantoran mulai efektif berjalan, sehingga banyak pengguna jalan mengabaikan keselamatan saat berkendara.

Pantauan Serambinews.com kepadatan ruas jalan mulai terlihat dari pusat Kota Tapaktuan, Ibukota Aceh Selatan. Lalu ruas jalan menuju Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Nagan Raya, Aceh Barat, sampai ke Kabupaten Aceh Jaya, dan Aceh Besar menuju ke pusat Ibukota Provinsi Aceh, Banda Aceh.
Kondisi cuaca gerimis semakin mempersulit para pemudik melihat jarak pandang jalur yang dilalui, baik mereka yang akan kembali ke arah Banda Aceh maupun sebaliknya.

Meski, sebagian lampu kendaraan, terutama jenis sepeda motor tetap dinyalakan. Tapi, jalan utama yang dilalui hanya dibatasi oleh garis putih marka jalan yang berada di tengah. Itu pun sering dilanggar oleh pengguna jalan. "Kalau saran saya, sebaiknya kita tetap meningkatkan kewaspadaan. Hindari melaju kencang dan tetap pertahankan melintas di jalur sendiri, jangan menyerobot jalur pelintas lainnya," saran Husaini, pemudik dari Kabupaten Abdya yang ditanyai Serambinews.com di kawasan Lamno.

Ia pun menyarankan untuk menghindari jalur padat yang dilintasi dan berbahaya, bila ada jalur alternatif lainnya. "Saya sama keluarga melewati jalur bawah di Kecamatan Tripa Makmur, Nagan Raya dan menghindari jalan pergunungan Trans Nagan Raya. Selain jauh, lintasannya pun cukup terjal," ungkap Husaini.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved