35 CJH Aceh Batal Berangkat

Sebanyak 35 orang Calon Jamaah Haji (CJH) asal Aceh dinyatakan batal berangkat ibadah haji

* Tak Melunasi ONH

BANDA ACEH - Sebanyak 35 orang Calon Jamaah Haji (CJH) asal Aceh dinyatakan batal berangkat ibadah haji tahun ini. Sebab, mereka belum melunaskan seluruh biaya haji, hingga batas waktu yang ditetapkan pada 30 Juni 2016.

Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Aceh, Drs Herman Msc kepada Serambi Jumat (15/7) mengatakan, karena 35 CJH tersebut belum melunasi biaya haji hingga batas waktu yang ditetapkan, maka keberangkatan ditunda hingga tahun depan. Sedangkan jatah mereka akan digantikan oleh jamaah cadangan lainnya.

“Saat ini jamaah cadangan yang menggantikan itu sudah melunasi semua biaya, kita akan segera kirim berkas mereka ke Jakarta untuk pengurusan visa Arab Saudi, namun para jamaah yang batal berangkat tahun ini akan prioritas berangkat pada tahun depan,” ujar Herman.

Para jamaah yang gagal berangkat itu berasal dari Banda Aceh 17 orang, Aceh Besar 1 orang, Pidie 3 orang, Aceh Utara 2 orang, Aceh Selatan 5 orang, Nagan Raya 2 orang, Aceh Tengah 1 orang dan Gayo Lues 4 orang.

Menurut Herman, sebagian besar alasan jamaah yang belum melunasi karena belum memiliki biaya, sebagian lainnya juga karena kesehatan sehingga tidak dilunasi. Ia menambahkan, para jamaah cadangan yang diberangkat tahun ini juga akan lebih diprioritaskan para jamaah lanjut usia (lansia). Mereka akan ditempatkan ke kloter yang sesuai dengan daerah asal. Namun jika kloter tersebut penuh maka akan ditempatkan ke kloter terakhir yaitu kloter 9.

Hingga saat ini, daftar tunggu jamaah haji di Aceh sudah mencapai 78.268 orang. Jika diurutkan berdasarkan kuota keberangkatan pertahun maka masa tunggu akan berlangsung selama 26 tahun. (mun)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved