Breaking News:

Dinding Irigasi Ambruk Suplai Air Terganggu

Dinding irigasi di kawasan Desa Paya Abo-Seuneubok Raya, Peusangan, Bireuen ambruk

BIREUEN-Dinding irigasi di kawasan Desa Paya Abo-Seuneubok Raya, Peusangan, Bireuen ambruk. Kondisi itu menyebabkan suplai air ke sawah di beberapa kecamatan terganggu, dan petani setempat mengharapkan dinas terkait segera memperbaiki.

Kadis Pengairan, Pertambangan dan Energi Bireuen, Ismunandar ST,MT mengatakan, kerusakan jaringan irigasi di kawasan itu sudah dilaporkan ke Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Dinas Pengairan Provinsi Aceh, dan mereka berjanji segera memperbaiknya.

Ambruknya dinding saluran irigasi itu terjadi satu bulan lalu, dan telah ditangani pihak terkait beberapa waktu lalu. Tiga hari lalu saluran irigasi tersebut jebol lagi setelah hujan deras, sehingga suplai air tidak lancar.

Daerah irigasi Pante Lhong mengairi sawah seluas 6.668 hektar, untuk wilayah Bireuen 2.500 hektar, dan 4.271 hektar wilayah Peusangan, sawah telah ditanami sekitar 3.000 hektar. Sebagian besar petani di Peusangan, Jangka, dan Kutablang di sebelah barat belum bisa menggarap sawah maupun semai benih, karena belum mendapat suplai air karena jebolnya dinding irigasi, dua hari lalu.

Ismundar mengatakan, pihaknya sudah menerima laporan dari masyarakat maupun kelompok tani tentang kerusakan tersebut. Untuk nenindaklanjuti keluhan masyarakat, karena perbaikan saluran tersebut menjadi tanggung jawab Dinas Pengairan Aceh sumber anggaran APBN, maka sudah disampaikan kepada UPTD di Bireuen.

“Mereka segera memperbaiki dalam waktu dekat, apalagi petani belum bisa menggarap lahan sawah karena belum ada suplai air,” katanya.

Ismundar meminta petani untuk bersabar dalam beberapa hari ke depan, pekerjaan perbaikan segera dilakukan.(yus)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved