DPRA Cek Proyek APBA 1-8 Agustus

Ketua DPRA, Tgk Muharuddin, mengatakan hingga akhir Juli 2016 nanti, pihaknya tidak membahas

BANDA ACEH - Ketua DPRA, Tgk Muharuddin, mengatakan hingga akhir Juli 2016 nanti, pihaknya tidak membahas dokumen Kebijakan Umum Anggaran dan Plafon Prioritas Anggaran Sementara (KUA-PPAS) 2017 yang telah diserahkan Tim Anggaran Pemerintah Aceh (TAPA) kepada DPRA pekan kemarin, melainkan akan terlebih dahulu mengecek proyek APBA 2015 pada 1-8 Agustus 2016.

“Kita dahulukan kegiatan Pansus Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) APBA 2015 yang dokumennya baru akan diserahkan BPK kepada DPRA, 27 Juli 2016 mendatang. Setelah itu, baru bahas bersama dokumen KUA dan PPAS 2017 pada 10-30 Agustus 2015,” kata Muharuddin menjawab Serambi kemarin.

Menurutnya, cek proyek APBA 2015 ini dilakukan terlebih dahulu untuk mengetahui apakah Pemerintah Aceh di bawah pimpinan Gubernur dan Wagub Aceh sudah menjalankan tugas sebagaimana mestinya atau belum.

Biasanya, kata Muharuddin, dalam LHP itu, BPK akan memberikan catatan kepada Gubernur untuk menindaklanjuti hal apa saja yang dinilai BPK dalam pelaksanaan APBA belum berjalan baik agar ke depannya tidak terulang kembali.

Catatan dari BPK, kata Muharuddin, akan jadi pedoman dasar untuk mengoreksi hasil kerja Gubernur dan Wagub. Adapun Dokumen KUA dan PPAS 2017 merupakan bahan baku RAPBA tahun kelima Pemerintah Zaini Abdullah dan Muzakir Manaf. Karena itu, menurutnya DPRA harus lebih hati-hati lagi memeriksa usulan Gubernur, jangan sampai salah kaprah atau salah arah.

“Usulan program dan kegiatannya harus menjurus kepada penurunan jumlah penduduk miskin dan pengangguran. Jadi, apa yang telah dijanjikan Pemerintah Zikir, dalam masa pemerintahan lima tahunnya, harus terjawab dalam dokumen KUA dan PPAS 2017 tersebut,” ujarnya.

Muharuddin menyebutkan sebelum mereka membahas dokumen KUA dan PPAS tersebut, diperlukan alat ukur yang antara lain LHP APBA 2015 dari BPK, kemudian melakukan pansus ke lapangan. (her)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved