Breaking News:

Waduk Rajui belum Berfungsi

Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) Pidie, Zulkifli, mengatakan, hingga kini Waduk Rajui

Editor: bakri

* Akibat belum Dibangun Jaringan Koneksi

SIGLI - Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) Pidie, Zulkifli, mengatakan, hingga kini Waduk Rajui di Kecamatan Padang Tiji, Pidie, belum bisa menyuplai air ke sawah petani, karena belum adanya jaringan koneksi atau saluran untuk mengairi areal sawah.

Waduk Rajui ini merupakan proyek multiyears (yahun jamak) yang dikerjakan sejak tahun 2011, dengan menguras dana Rp 73 miliar bersumber dari APBN, dan telah rampung sejak tahun 2013. Namun hingga kini petani belum merasakan manfaatnya, karena saluran air belum dibangun.

“Berdasarkan survei Dinas SDA Aceh, jaringan koneksi yang belum dibangun di Waduk Rajui mencapai setengah kilometer,” kata Kepala Dinas SDA Pidie, Zulkifli, menjawab Serambi, Rabu (20/7).

Menurutnya, proyek pembangunan jaringan koneksi sepanjang 500 meter ini merupakan tanggungjawab Balai Sungai I yang diusul melalui Pemerintah Aceh. Dari usulan tersebut, disetujui bahwa pembangunan saluran itu akan dibiayai APBN tahun 2017. Saluran ini nantinya akan tersambung dengan saluran yang dikelola pemerintah kabupaten.

“Hasil Musrenbang Nasional beberapa bulan lalu, Pemerintah Pusat setuju mengalokasikan dana untuk pembangunan jaringan koneksi sepanjang 500 meter. Alokasi anggaran ini nantinya akan dibahas kembali di DPR. Saat ini kami belum mendapat informasi apakah DPR menyetujuinya atau tidak,” jelasnya.

Jika saluran tersebut telah dibangun, maka air dari waduk berkapasitas 2,6 juta kubik ini, bisa langsung mengaliri areal sawah di Padang Tiji dan sekitarnya yang selama ini, sering kekurangan air terutama pada masa tanam musim gadu.(naz)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved