Terdakwa Beli Barang Atas Inisiatif Sendiri

Tgk Munirwan, terdakwa kasus dugaan korupsi dana Baitul Mal Aceh Barat menyatakan dirinya

* Sidang Korupsi Dana Baitul Mal Aceh Barat

MEULABOH - Tgk Munirwan, terdakwa kasus dugaan korupsi dana Baitul Mal Aceh Barat menyatakan dirinya membeli barang pertanian dan perikanan yang disalurkan kepada senif fakir atas inisiatif dirinya. “Saya tidak tahu dan tidak ada larangan untuk itu,” ungkap Munirwan, mantan Kepala Baitul Mal Aceh Barat dalam sidang lanjutan di Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Banda Aceh, Rabu (20/7).

Sidang dengan agenda pemeriksaan terdakwa dimulai pukul 14.00 WIB dipimpin Hakim Ketua Nurmiati SH dengan anggota Supriadi SH dan Zulfan SH. Sementara Jaksa Penuntut Umum (JPU) dari Kejari Aceh Barat T Panca SH, Maiman SH dan Maritus SH. Terdakwa yang duduk di kursi persakitan didampingi dua penasehat hukum (PH).

Terdakwa juga membeberkan keberadaan alat yang dibeli itu untuk persawahan dan ia juga tidak tahu terhadap adanya perbedaan harga ketika membeli. Namun upaya mengembalikan uang setelah alat itu dibeli sudah dilakukan tetapi barang tersebut tidak terjual dengan harga semua sehingga hanya dapat dikembalikan sebesar Rp 29 juta lebih. Hakim kembali menunda sidang kasus Baitul Mal tersebut pada pekan dengan agenda pembacaan tuntutan oleh JPU dari Kejari Aceh Barat pada 1 Agustus mendatang. Setelah persidangan berakhir, terdakwa kembali dibawa ke Rutan Kahju Banda Aceh untuk ditahan.

Kasus korupsi dana Baitul Mal Aceh Barat mulai diusut Polres Aceh Barat akhir 2014 dengan totalnya anggaran Rp 5 miliar. Namun dari jumlah tersebut, sekitar Rp 567,6 juta diduga terjadi penyimpangan dalam penyalurannya, terutama untuk senif fakir yang seharusnya diserahkan dalam bentuk uang segar kepada para penerima, tetapi waktu itu dibelikan alat-alat pertanian tanpa melalui aturan yang dberlaku. Tetapi alat-alat tersebut kemudian digudangkan alias tidak dapat dimanfaatkan sehingga menjadi besi tua di gudang Pemkab Aceh Barat.(riz)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved