Pilkada 2017

Dukungan DPP PKB untuk Irwandi-Nova Sudah Final

Dewan Pimpinan Pusat Partai Kebangkitan Bangsa (DPP PKB) telah final mendukung pasangan Irwandi Yusuf

Dukungan DPP PKB untuk Irwandi-Nova Sudah Final
SERAMBINEWS.COM
Irwandi Yusuf-Nova Iriansyah 

JAKARTA - Dewan Pimpinan Pusat Partai Kebangkitan Bangsa (DPP PKB) telah final mendukung pasangan Irwandi Yusuf dan Nova Iriansyah sebagai calon gubernur dan wakil gubernur Aceh pada Pilkada 2017. Rekomendasi atau dukungan tersebut berdasarkan hasil survei dan kajian mendalam yang dilakukan DPP PKB.

Hal itu ditegaskan Ketua DPP PKB, Fathan Subki, menjawab Serambi di Jakarta, Sabtu (6/8) malam. “Sudah final. DPP PKB sudah merekom Irwandi Yusuf dan Nova Iriansyah. Ini berdasarkan kajian dan survei terakhir,” kata Fathan Subki.

Fathan mengakui, sebelumnya DPD PKB Aceh mengusulkan pasangan Muzakir Manaf dan TA Khalid, masing-masing selaku Ketua DPA Partai Aceh dan Ketua DPW Gerindra Aceh.

“Tapi setelah dikaji dan disurvei kembali, DPP lalu memutuskan pasangan Irwandi-Nova. Nanti DPD PKB Aceh akan diberi penjelasan dan pemahaman soal ini,” katanya.

Menurut Fathan Subkhi, sesuai ketentuan, syarat pencalonan kepala daerah melalui jalur partai politik, adalah adanya surat rekomensasi dari DPP.

Menjawab pertanyaan soal adanya penolakan dari DPD PKB Aceh terhadap keputusan DPP PKB, Fathan Subki mengatakan, DPP akan memberikan penjelasan berikut alasan konkret. “Saya kira, kita akan sampaikan pemahaman kepada DPD PKB Aceh. Karena ini putusan DPP, maka DPD harus terima,” tegasnya.

Sebelumnya diberitakan, DPW PKB Aceh melawan keputusan DPP PKB. Mereka tak mungkin mendukung pasangan Irwandi Yusuf-Nova Iriansyah yang didukung DPP PKB, karena PKB Aceh telah lebih dulu mengusung pasangan Muzakir Manaf-TA Khalid.

Sementara itu, dalam konferensi pers di kediamannya, Jalan Salam Lampriek, Banda Aceh kemarin sore, Irwandi Yusuf mengatakan tidak perlu gusar dengan penolakan DPW PKB Aceh itu. “Soalnya, surat keputusan DPP PKB yang mendukung saya berpasangan dengan Nova Iriansyah sudah berada di tangan saya,” kata Irwandi.

Ia juga bertamsil bahwa hadis tidak mungkin melawan firman. Nah, begitulah posisi penolakan DPW PKB Aceh terhadap keputusan DPP PKB yang mendukung pasangan Irwandi-Nova. “Ini pemilihan gubernur, bukan pemilihan bupati atau wali kota, maka pihak DPP-lah yang paling menentukan dan memang begitu mekanismenya,” ujar Irwandi.

Begitupun, ia tetap akan menjalin komunikasi personal dengan Ketua DPW PKB Aceh, Irmawan SSos dan elite PKB Aceh, mengingat partai ini termasuk salah satu pengusung pasangan Irwandi-Nova, sehingga bisa maju lewat jalur partai karena kursi partai pengusung sudah cukup, yakni 13 kursi. Rinciannya, delapan kursi dari Partai Demokrat, tiga dari Partai Nasional Aceh dan masing-masing satu kursi dari Partai Damai Aceh dan PKB Aceh. (fik/dik)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved