Air PDAM Meulaboh Terasa Asin

Ribuan pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Meulaboh Aceh Barat kecewa kualitas air

* Sudah Berlangsung Sepekan

MEULABOH - Ribuan pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Meulaboh Aceh Barat kecewa kualitas air yang dihasilkan perusahaan Pemkab itu. Sejumlah warga menuturkan kualitas air yang diterima terasa asin dan berkeruh. Kondisi ini sudah berlangsung sepekan.

“Saat kita minum airnya terasa asin seperti air laut meski sudah dimasak,” kata Aminah, warga Kota Meulaboh di Jalan Sisinggamagaraja kepada Serambi kemarin.

Ia berharap air minum yang sudah menjadi kebutuhan warga kota dapat kembali normal dan pihak PDAM diharapkan harus mecari solusinya sehingga air minum dengan kualitas buruk tersebut tidak berlangsung lama. Apalagi air PDAM sudah menjadi kebutuhan terutama pelanggan yang tidak menggunakan lagi air sumur. “Kami meminta air PDAM segera mengatasi persoalan ini agar suplai air ke rumah penduduk tidak lagi buruk,” ujar Samsuddin, warga lain di Drien Rampak.

Akibat kondisi tersebut, sejumlah warga terpaksa membeli air mineral untuk minum. Sementara itu Ketua Komunitas Peduli Keselamatan Bersama (KPKB) Aceh Barat Rahmad Ozer kemarin juga menyebutkan kekecewaan warga terhadap kualitas air PDAM dirasakan di hampir seluruh pelosok pelanggan di dalam kota.

PDAM diminta bertanggung jawab menormalkan kembali air untuk warga kota sehingga kondisi tersebut tidak berlangsung lama. “Air PDAM sudah menjadi kebutuhan. Kita meminta segera dinormalkan,” ungkap Rahmad.

Direktur PDAM Tirta Meulaboh MW Taufik yang dikonfirmasi Serambi kemarin mengatakan kualitas air PDAM sudah sepekan terakhir terasa asin disebabkan air sungai Krueng Meureubo sebagai sumber air baku PDAM di kawasan Pasi Masjid mengalami pasang laut di musim kemarau. “Air dari laut pasang sehingga lokasi tempat air kita tarik ternyata terkena air laut sehingga menjadi asin,” katanya.

Ia mengatakan fenomena seperti ini sering terjadi bila air dari gunung tidak turun atau bila dilanda musim kemarau. Namun bila hujan turun dipastikan akan kembali normal. Dia sebutkan air PDAM yang disuplai ke kota ditarik melalui intak (mesin pengolah) di Lapang. Sedangkan air dari intak di Beureugang hanya mampu mengaliri hingga Leuhan.(riz)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved