Citizen Reporter

Siapnya Banten Mendukung Even Pesantren

Sekarang, nama Maulana Hasanuddin Banten diabadikan menjadi nama salah satu nama perguruan tinggi Islam di Banten

Siapnya Banten Mendukung Even Pesantren
Zarkasyi Yusuf 

LAPORAN ini adalah hasil kunjungan saya ke Provinsi Banten saat melaksanakan tugas pada tanggal 2 – 4 Agustus 2016 untuk melakukan visitasi venues untuk penyelenggaraan Pekan Olah Raga dan Seni Antar Pondok Pesantren Nasional (POSPENAS) VII yang akan dilaksanakan pada tanggal 22 – 28 Oktober 2016, visitasi ini dihadiri oleh perwakilan Seluruh Provinsi di Indonesia yang akan ikut serta dalam POSPENAS mendatang.

Dari Aceh, saya serta teman (M. Nasir) sebagai utusan Kanwil Kementerian Agama Provinsi Aceh, serta dua lagi utusan Dinas Pemuda dan Oiah Raga Aceh.

Visitasi ini dimaksudkan untuk melihat secara dekat kesiapan Provinsi Banten dalam menyukseskan POSPENAS.

Sebenarnya, ada tiga even besar Pondok Pesantren pada level Nasional yang dilaksanakan secara periodik setiap tiga tahun sekali, yaitu POSPENAS, Musabaqah Qiraat Kutub (MQK) dan Perkemahan Pramukan Santri Nusantara (PPSN).

POSPENAS adalah even Pondok Pesantren yang dikawal dan dikelola oleh enam Kementerian Lembaga, yaitu Kementerian Dalam Negeri (KEMENDAGRI), Kementerian Agama (KEMENAG), Kementerian Pemuda dan Olah Raga (KEMENPORA), Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Kementerian Pendidikan dan Budaya (KEMENDIKBUD) dan Kementerian Pariwisata (KEMENPAR).

Aceh akan ikut serta pada even ini dengan mengirimkan 55 peserta untuk cabang olah raga dan seni, mohon doa dari kita semua untuk kesuksesan kotingen Aceh.

Dalam menyukseskan even POSPENAS pada tahun ini, secara khusus Menteri Dalam Negeri (MENDAGRI) mengirimkan telegram kepada seluruh Gubernur dan Bupati/Walikota seluruh Indonesia, nomor 426/2931,POLPUM tanggal 30 September 2015.

Ada tiga hal yang disampaikan MENDAGRI melalui telegram, meminta pemerintah daerah dan kabupaten/kota untuk mendukung sepenuhnya kegitan POSPENAS VII Banten, memerintahkan untuk diselenggarakannya Pekan Olah Raga dan Seni Antar Pondok Pesantren Daerah (POSPEDA), serta menyiapkan anggaran dalam APBD untuk mengirimkan kontingen ke Banten.

Begitu bersemangatnya Banten dalam menyukseskan POSPENAS terlihat saat paparan asisten tiga Provinsi Banten, beliau menekankan pada Try Sukses POSPENAS, yaitu sukses perencanaan, sukses pelaksanaan dan sukses pertanggungjawaban. Dalam menyukseskan ini, seluruh Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD) Provinsi Banten dilibatkan, ditambah dengan keikutsertaan Forum Silaturrahmi Pondok Pesantren (FSPP), Kanwil Kementerian Agama Provinsi Banten serta kontribusi masyarakat Banten itu sendiri.

Untuk penyelenggaraan POSPENAS, Pemerintah Banten menyiapkan anggaran sebanyak 20 milyar yang dialokasikan melalui FSPP. Keseriusan dalam mendukung even Pondok Pesantren sudah terlihat dalam surat kesiapan menjadi tuan rumah yang ditandatangani langsung oleh Gubernur Rano Karno, nomor 426/414-DISPORA/2015 pada tanggal 20 Februari 2016, tujuh bulan sebelum keluarnya telegram MENDAGRI.

Halaman
12
Editor: Amirullah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved