Pilkada 2017

Ratusan Calon Panwascam Ikut Ujian Tulis

Ratusan calon panitia pengawas pemilihan tingkat kecamatan (Panwascam) di beberapa daerah

BANDA ACEH - Ratusan calon panitia pengawas pemilihan tingkat kecamatan (Panwascam) di beberapa daerah di Aceh, mengikuti ujian tulis, Senin (15/8).

Anggota Panwaslih Banda Aceh, Yusuf Al-Qardhawy mengatakan, sebanyak 85 orang mendaftar dalam pemilihan anggota Panwascam, namun setelah seleksi administrasi hanya 74 orang yang dinyatakan lulus dan berhak mengikuti ujian tulis.

Namun pada saat pelaksanaan ujian kemarin, hanya 71 peserta yang hadir. Tiga orang berhalangan karena sedang berada di luar kota. Menurut Yusuf, setelah pelaksanaan ujian tulis, dalam waktu dekat Panwaslih akan melanjutkan pelaksanaan uji baca Alquran dan wawancara.

Sementara di Aceh Barat Daya (Abdya), sebanyak 123 calon Panwascam dari sembilan kecamatan mengikuti ujian tulis yang dilaksanakan di MIN Blangpidie, Senin (15/8). “Jumlah calon Panwascam yang mengikuti ujian tulis ini sebanyak 123 peserta dari 135 peserta yang dinyatakan lulus administrasi, sementara 12 peserta tidak hadir dan dinyatakan gugur,” ujar Koordinator SDM Panwaslih Abdya, Wildan.

Menurut Wildan, pihak panitia telah mempersiapkan 100 soal ujian tentang pemilu dan pengawasan pemilu dan tentang proses tahapan Pilkada. Para peserta tersebut akan diberi waktu selama 120 menit.

Wildan juga mengatakan, sampai saat ini pihaknya belum mendapat bantuan dana dari pemerintah Abdya, untuk itu ia meminta Pemkab Abdya segera mengucurkan anggaran untuk Panwaslih Abdya mengingat tahapan pilkada sudah berjalan.

Sebanyak 191 calon Panwascam mengikuti ujian tertulis, yang dilaksanakan di kampus STIP Yashafa di Desa Gosong Telaga Barat, Singkil Utara. Ketua Panwaslih Aceh Singkil, Baihaqi, Senin (15/8) mengatakan, dari hasil ujian tertulis dipilih enam orang terbaik dari masing-masing kecamatan.

Selanjutnya akan mengikutis tes wawancara untuk memilih tiga orang Pawascam. “Dari enam orang yang mengikuti tes wawancara diambil tiga orang terbaik menjadi Panwascam, sisanya menjadi cadangan,” kata Baihaqi.

Menurut Baihaqi dalam pemilihan gubernur/wakil gubernur Aceh serta bupati/wakil bupati Aceh Singkil tahun 2017. Dibutuhkan 33 Panwascam yang akan ditempatkan di 11 kecamatan.(mun/c50/de)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved