Breaking News:

Jaringan Irigasi di Teunom Ambruk

Proyek jaringan irigasi di Desa Alue Meraksa, Kecamatan Teunom, Aceh Jaya yang dibangun

* Petani tak Bisa Tanam Padi

CALANG - Proyek jaringan irigasi di Desa Alue Meraksa, Kecamatan Teunom, Aceh Jaya yang dibangun dari dana APBN tahun 2015 senilai Rp 3 miliar ambruk sebelum difungsikan. Kerusakan total terjadi sekitar 25 meter dan 100 meter lebih lainnya retak dan lantainya bocor.

“Jaringan irigasi tersebut dibangun asal-asalan, sehingga belum sempat difungsikan telah rusak. Akibat tak berfungsinya jaringan irigasi tersebut mengakibatkan warga di dua desa yaitu Alue Meraksa dan Kubu tak bisa bercocok tanam selama tiga musim tanam bekangan ini,” kata Keuchik Alue Meraksa, Safruddin didamping Rizwan, Burhan dan sejumlah warganya saat ditemui Serambi, Senin (14/8).

Warga berharap pemerintah agar segera membangun kembali jaringan irigasi yang telah hancur tersebut karena sangat dibutuhkan petani. Disebutkan, masyarakat belakangan ini kesulitan dalam hal kebutuhan makanan pokok berupa beras. Sebab selama bercocok tanam, warga tak harus membeli beras. Namun akibat tak bercocok tanam lagi warga harus beli beras.

Kabid Sumber Daya Air (SDA) pada Dinas Pekerjaan Umum Azhari yang dikonfirmasi secara terpisah Selasa (16/8) menyebutkan terkait dengan kerusakan jaringan irigasi yang baru dibangun itu pihaknya mengaku telah menyurati rekanan untuk segera memperbaiki kembali.

“Secara lisan pihak rekanan mengaku akan membangun kembali jaringan irigasi yang telah ambruk itu, sebab jaringan irigasi tersebut saat ini masih dalam masa pemeliharaan hingga September 2016,” jelas Azhari.(c45)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved