Pilkada 2017

NasDem Tunjuk Irwan Djohan

Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Aceh telah menetapkan kadernya, T Irwan Djohan

NasDem Tunjuk Irwan Djohan
IST
T Irwan Djohan 

* Sebagai Balon Wali Kota Banda Aceh

BANDA ACEH - Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Aceh telah menetapkan kadernya, T Irwan Djohan, sebagai bakal calon wali kota Banda Aceh periode 2017-2022.

Kepastian tersebut disampaikan Ketua DPW Partai NasDem Aceh, Zaini Djalil SH, kepada Serambi, Kamis (18/8). “NasDem mempersiapkan Irwan Djohan untuk maju sebagai calon wali kota Banda Aceh pada Pilkada 2017,” katanya menjawab Serambi dari Jakarta melalui WhatsApp.

Keputusan NasDem mengusung Irwan Djohan ini memang belum menjadi sikap resmi, karena rekomendasi dari partai belum keluar. Meski demikian, Zaini memastikan bahwa NasDem akan mengusung Irwan Djohan.

“Kalau rekomendasi tertulis memang belum ada, tapi sudah hampir bisa dipastikan bahwa NasDem akan merekomendasikan Irwan Djohan,” tambahnya lagi.

Majunya Irwan Djohan ini sekaligus akan mengubah peta politik di Banda Aceh, karena sebelumnya ia menyatakan tidak mencalonkan diri. Selama ini hanya ada dua bakal pasangan calon yang menyatakan maju lewat partai politik, yaitu pasangan Illiza Saaduddin Djamal-Farid Nyak Umar dan Aminullah Usman-Zainal Arifin.

Selain itu, ada juga dua pasangan bakal calon dari jalur independen, yaitu pasangan Adnan Beuransah-Tgk Umar Rafsanjani dan Marniati-Amiruddin Usman Daroy. Kedua pasangan ini sudah menyerahkan syarat dukungan fotokopi KTP ke KIP Banda Aceh beberapa waktu lalu.

Terkait dengan calon wakil yang akan mendampingi Irwan Djohan, Zaini Djalil mengatakan bahwa partainya sedang melakukan komunikasi politik dengan parpol lain. Oleh karena itu ia belum bisa memastikan apakah calon pendamping Irwan Djohan berasal dari kalangan politikus atau birokrat. “Lihat perkembangan komunikasinya dan diserahkan kepada calon wali kotanya, Irwan Djohan,” ujar Zaini Djalil.

Zaini juga mengakui bahwa partainya tidak bisa mengajukan calon sendiri pada pilkada nanti. Pasalnya, NasDem hanya memperoleh empat kursi di DPRK Banda Aceh. Artinya, Irwan masih kekurangan 1 kursi dari batas minimal yang disyaratkan KIP Banda Aceh, yaitu lima kursi dari 30 kursi di parlemen.

Karena itu, saat ini pihaknya sedang melakukan komunikasi politik dengan beberapa partai untuk berkoalisi. “Harapan kita ada PKPI dan beberapa partai lainnya. Dari komunikasi yang sudah kita lakukan dan laporan saudara Irwan Djohan, alhamdulillah semakin baik dan ada harapan sesuai dengan keinginan bersama. Kita tunggu saja, insya Allah akan segera ada keputusan bersama,” pungkas Zaini Djalil.

Halaman
12
Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved