Kekosongan Blangko KTP belum Teratasi

Sebanyak 3.000-an warga Aceh Utara yang sudah mengajukan permohonan dan melakukan

LHOKSEUMAWE – Sebanyak 3.000-an warga Aceh Utara yang sudah mengajukan permohonan dan melakukan perekaman data ke Dinas Kependudukan dan Pencacatan Sipil setempat, sampai kini tidak bisa mendapatkan

e-KTP. Penyebabnya, kekosongan blangko e-KTP yang terjadi sejak Juli 2016 hingga kini belum teratasi. Akibatnya, masyarakat hanya diberikan surat keterangan sedang mengurus KTP.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencacatan Sipil (Disdukcapil) Aceh Utara, M Zulfadli SSos, Selasa (23/8) menyebutkan, terakhir pihaknya menerima blangko e-KTP dari Pusat pada pertengahan Juni lalu sebanyak 500 lembar dan langsung habis pada akhir bulan. “Hingga sekarang kita belum terima blangko lain dari Pusat,” jelasnya.

Meski blangkonya kosong, lanjut Zulfadli, pihaknya tetap melayani masyarakat yang ingin membuat KTP, walau hanya sebatas perekaman. “Sejak Juli sampai sekarang, sudah tiga ribuan-an warga yang sudah merekam data, tapi belum ada KTP,” timpalnya.

Menurut Zulfadli, sejak blangko kosong pihaknya sudah mengeluarkan sekitar 400 surat keterangan sedang mengurus e-KTP kepada warga. “Surat itu kita berikan kepada warga yang sangat membutuhkan KTP. Tapi, bagi warga yang tak butuh dalam waktu segera, kita minta tunggu sampai ada blangkoi,” ungkapnya.

Ditanya kapan blangko KTP tersedia kembali, Kadis Kependudukan dan Catatan Sipil Aceh Utara, M Zulfadli mengatakan, dirinya belum bisa memastikan hal tersebut. “Besok ada Rakornas di Pekanbaru. Mungkin di sana nanti baru kita ketahui kapan blangko KTP ada lagi. Jadi, kita harap warga bersabar,” pintanya.(bah)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved