Pangdam Pimpin Apel Tahunan Oemar Diyan

Pesantren Modern Tgk Chiek Oemar Diyan Indrapuri, Aceh Besar, Minggu (28/8) pagi menggelar

BANDA ACEH - Pesantren Modern Tgk Chiek Oemar Diyan Indrapuri, Aceh Besar, Minggu (28/8) pagi menggelar apel tahunan 2016. Apel sebagai tanda dimulainya proses belajar mengajar bagi santri baru tahun ini berlangsung di lapangan kompleks pesantren itu kawasan Desa Krueng Lamkareung, Kecamatan Indrapuri. Panglima Kodam Iskandar Muda (Pangdam IM), Mayjen TNI L Rudy Polandi menjadi inspektur upacara dalam apel yang diikuti seluruh santri pesantren tersebut.

Selain pimpinan, guru, dan orangtua santri, apel turut dihadiri Asisten II Setda Aceh, Drs Zulkifli Hs MM, Danlanud SIM, Kapolres Aceh Besar, Kasdim 0101/BS, Aster Kodam IM, pejabat Pemko Banda Aceh dan Aceh Besar, Tarmizi A Karim dan Hj Illiza Sa’aduddin Djamal (pembina dan pengurus Yayasan Tgk Chiek Oemar Diyan), dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Pangdam dalam arahannya antara lain menyampaikan, dirinya merasa bangga dengan keberadaan Pesantren Oemar Diyan yang kini sudah menjadi favorit bagi generasi muda.

Karena itu, Mayjen L Rudy Polandi berharap pesantren ini dapat terus mempertahankan dan meningkatkan kualitasnya dalam mencetak generasi yang cerdas dan islami di masa mendatang.

Dikatakan, keberadaan pesantren sangat penting dalam kehidupan berbangsa dan bermasyarakat. Sebab, menurut Pangdam, pesantren merupakan pengawal utama untuk pendidikan Islam bagi generasi muda.

“Kodam Iskandar Muda sangat mendukung pesantren atau dayah di Aceh agar menjadi tempat pendidikan favorit, bergengsi, dan berkualitas bagi generasi muda. Seperti Oemar Diyan ini yang sejak didirikan sampai sekarang sudah banyak menghasilkan alumni berkualitas yang dapat melanjutkan pendidikan S1, S2, dan S3 hingga ke luar negeri,” ungkap Rudy Polandi.

Pangdam juga berharap, orientasi kepesantrennan ini dapat membentuk santri yang berkarakter, berilmu, dan bertakwa kepada Allah SWT, serta menjadi kader penerus perjuangan untuk ikut bertanggung jawab terhadap pembangunan masyarakat, agama, bangsa, dan negara, serta memiliki kepribadian yang luhur dan akhlak mulia.

Aamatan Serambi, apel tahunan itu juga diisi dengan berbagai atraksi yang ditampilkan oleh santri setempat. Atraksi tersebut, antara lain drumband, silat, taekwondo, loncat api, pramuka, tari saman, dan rapai geleng. Rangkaian kegiatan itu berakhir sekitar pukul 11.00 WIB.

Sebelumnya, Pimpinan Pesantren Tgk Chiek Oemar Diyan, Ustaz Tgk H Fakhruddin Lahmuddin SAg MPd dalam laporannya menyampaikan terima kasih kepada Pangdam Iskandar Muda dan semua tamu undangan yang hadir pada apel tahunan kali ini.

Ustaz Fakhruddin menyebutkan, sekarang santri Pesantren Oemar Diyan mencapai 1.009 orang yang terdiri atas 498 laki-laki dan 511 perempuan. “Jika dilihat dari jenjang pendidikan, santri tingkat madrasah tsanawiyah sebanyak 701 orang dan madrasah aliyah 308 orang. Sementara jumlah alumni Oemar Diyan sejak didirikan tahun 1990 sampai sekarang sebanyak 4.240 orang,” rincinya.

Pada 5 September mendatang, lanjut Fakhruddin, dua warga Thailand Selatan juga menjadi santri di Oemar Diyan. Ia juga menjelaskan, tahun ini dua santri Oemar Diyan memperoleh beasiswa penuh untuk melanjutkan pendidikan ke Universitas Al-Azhar Kairo, Mesir dan Universitas Islam Negeri Syarief Hidayatullah Jakarta.(jal)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved