Warga Pedalaman Butuh Air Bersih

Masyarakat daerah pedalaman Desa Salim Pipit, Kecamatan Babul Rahmah, Aceh Tenggara

KUTACANE - Masyarakat daerah pedalaman Desa Salim Pipit, Kecamatan Babul Rahmah, Aceh Tenggara, sangat membutuhkan sarana air bersih. Selama ini mereka membeli air bersih Rp 2.000 per jeriken.

Tokoh masyarakat setempat, Ahmad Selian, kepada Serambi, Minggu (28/8) mengatakan, air untuk mandi dan mencuci pakaian masyarakat terpaksa memakai air Sungai Kali Alas. Jarak lokasi diangkut memakai jeriken lebih kurang 500 meter dengan kondisi jalan tanjakan dan terjal. Di desanya ada tiga sumber air mata air di salah satu pegunungan milik warga. “Saat ini untuk air minum saja harus beli Rp 2.000 per jeriken,” ujarnya.

Menurut Ahmad Selian, kalau seandainya dilakukan pemasangan pipa instalasi air bersih ke rumah rumah penduduk. Maka ini pasti sangat membantu masyarakat pedalaman untuk mendapatkan air bersih. Namun, di desa mereka kendati ada dana desa belum pernah dialokasikan untuk pemasangan air bersih ke rumah warga. Tapi saat ini dialokasikan dana desa untuk pengerasan jalan sejak 2015/2016. “Sebenarnya, yang sangat mendesak dan dibutuhkan bagaimana air bersih bisa mudah diperoleh masyarakat dan tidak lagi membeli air bersih,” ujarnya.

Ditambah Ahmad Selian, di desanya sebahagian masyarakat ekonomi lemah terpaksa memanfaatkan air Sungai Kali Alas. Aliran air sungai tersebut digunakan untuk kebutuhan memasak, mencuci pakaian, dan kebutuhan lainnya. Mereka berharap Pemkab Agara dapat membangun sarana air bersih di desanya.(as)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved