11 PTS Aceh akan Jalin Kerja Sama dengan Perguruan Tinggi Malaysia

Dalam kerja sama ini UPSI menawarkan sebuah program khusus, yakni magister dan doktor bagi staf/dosen PTS di lingkungan Kopertis Wilayah XIII Aceh

11 PTS Aceh akan Jalin Kerja Sama  dengan Perguruan Tinggi Malaysia
Koordinator Kopertis Wilayah XIII Aceh, Prof Dr Jamaluddin Idris MEd (Tengah) 

Laporan: Yarmen Dinamika l Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Sebelas perguruan tinggi swasta (PTS) di bawah Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah XIII Aceh sedang menjajaki kerja sama internasional di bidang pendidikan dengan Universiti Pendidikan Sultan Idris (UPSI) dan sejumlah perguruan tinggi lainnya di Malaysia.

Untuk membahas dan menjajaki kerja sama tersebut pihak Kopertis Wilayah XIII bersama sebelas pimpinan PTS Aceh bertolak dari Banda Aceh ke Kuala Lumpur, Malaysia, Rabu (14/9/2016) pagi. Tim tersebut dipimpin Koordinator Kopertis Wilayah XIII Aceh, Prof Dr Jamaluddin Idris MEd.

Adapun kesebelas PTS dari Aceh yang ikut dalam misi penjajakan kerja sama dengan UPSI Malaysia tersebut adalah Universitas Jabal Ghafur (Pidie), Universitas Al-Muslim Peusangan (Bireuen), Universitas Serambi Mekkah (Banda Aceh), Universitas Abulyatama (Aceh Besar), Universitas Gajah Putih (Aceh Tengah), Universitas Iskandar Muda (Banda Aceh), STKIP Al-Washliyah (Banda Aceh), STIP Yasyafa (Aceh Singkil), STKIP Usman Safri (Kutacane), STKIP Muhammadiyah (Aceh Barat Daya), dan Akademi Keperawatan Fakinah (Banda Aceh).

Menurut Koordinator Kopertis Wilayah XIII Aceh, Prof Dr Jamaluddin Idris MEd kepada Serambinews.com di Banda Aceh, Rabu (13/9/2016) pagi, kunjungan kesebelas PTS di lingkungan Kopertis XIII ke UPSI Malaysia itu bertujuan untuk menjajaki dan menggalang kerja sama di bidang pendidikan yang merupakan suatu bentuk hubungan internasional dalam rangka peningkatan mutu pendidikan tinggi PTS di Aceh.

Dalam kerja sama ini UPSI menawarkan sebuah program khusus, yakni magister dan doktor bagi staf/dosen PTS di lingkungan Kopertis Wilayah XIII Aceh. Melalui program ini, staf/dosen PTS tersebut masih dapat mengajar (melakukan aktivitas mengajar di kampusnya masing-masing) walaupun mereka sedang melanjutkan studi di Kampus UPSI Malaysia.

Selama berada di Malaysia sejak 14 hinpag 20 September, Koordinator Kopertis Wilayah XIII Aceh akan membawa para pimpinan PTS dari Aceh ke 10 perguruan tinggi di Malaysia. Selain ke UPSI, juga ke UniMap (Universiti Malaysia Perlis) di Perlis dan University Teknologi MARA (UiTM) di Selangor Malaysia.

Beberapa pejabat Kopertis Wilayah XIII Aceh juga ikut dalam rombongan ini, yakni Kepala Seksi Kelembagaan Ali Umar SAg, Kasubbag Umum Ita Zahara SSos, Kabag Kepegawaian Muhammad Jakfar SKM, dan Staf Kopertis Yunni Geubrina SPd.

Rombongan dari Aceh ini juga akan memenuhi undangan Gubernur Penang untuk jamuan makan dan pertunjukan kesenian.

Penulis: Yarmen Dinamika
Editor: Amirullah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved