Pilkada 2017

Mualem Minta Pasukan BKO Pakai Tongkat Saat Kawal Lokasi TPS

Tapi dia meminta agar pasukan BKO yang dikirim ke Aceh tidak menggunakan senjata pada saat melakukan pengamanan pada hari pencoblosan,

Mualem Minta Pasukan BKO Pakai Tongkat Saat Kawal Lokasi TPS
SERAMBINEWS.COM/SUBUR DANI
Muzakir Manaf (Mualem) dan Zakaria Saman (Apa Karya) duduk berdampingan saat mengikuti tes kesehatan di RSU-ZA, Banda Aceh, Sabtu (24/9/2016). 

Laporan Masrizal | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH -  Bakal calon gubernur Aceh dari Partai Aceh, Muzakir Manaf alias Mualem akhirnya tidak mempersoalkan lagi rencana penambahan pasukan Bawah Kendali Operasi (BKO) untuk mengamankan pilkada Aceh pada 2017 meskipun sebelumnya sempat ditolaknya.  

Tapi dia meminta agar pasukan BKO yang dikirim ke Aceh tidak menggunakan senjata pada saat melakukan pengamanan pada hari pencoblosan, 15 Februari 2017.

(BACA JUGA: Mualem: Aman, tak Perlu Tambah Pasukan)

Ia takut, kehadiran pasukan bersenjata lengkap ke tempat pemengutan suara (TPS) akan menimbulkan trauma bagi masyarakat Aceh, terutama di daerah pedalaman.

“Tapi kalau pun BKO dikirim ke mari (Aceh), kita harapkan menggunakan tongkat jangan menggunakan senjata, karena senjata akan membuat trauma masyarakat yang ingin mencoblos pada hari H. Ini yang kita khawatirkan,” kata Mualem disela-sela pemeriksan kesehatan di Rumash Sakit Umum Daerah Zainoel Abidin (RSUDZA) Banda Aceh, Sabtu (24/9/2017).

(BACA: Tak Perlu BKO untuk Pilkada)

Kendati demikian, Mualem mengingatkan bahwa saat ini Aceh dalam keadaan kondusif.

“Kalau sudah perintah, silahkan. Tapi pada intinya, Aceh sudah kondusif. Untuk kita garis bawahi bahwa Aceh sudah kondusif. Tidak perlu dikirimpun, Aceh tidak terjadi lagi kekerasan dalam pilkada,” ujarnya. (*)

Penulis: Masrizal Bin Zairi
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved