Breaking News:

Pintu Air Rusak 10 Desa Terancam

Satu pintu air yang terletak di Gampong Pantee Garot, Kecamatan Indra Jaya, Pidie, rusak sejak setahun yang lalu

Editor: hasyim
TRIBUN/BUKBIS CANDRA ISMET BEY

*Tak Bisa Menanam Padi

SIGLI - Satu pintu air yang terletak di Gampong Pantee Garot, Kecamatan Indra Jaya, Pidie,   rusak sejak setahun yang lalu. Akibatnya,  sepuluh desa di Kecamatan Pidie yang meliputi empat kemukiman,  terancam tidak bisa menanam padi. Warga pun minta Pemkab Pidie memperbaikinya.  “Ada ratusan hektare sawah terancam,  karena dari irigasi itulah sumber air selama ini,” kata Miswar SSos, Sekretaris Camat Pidie, saat meninjau  lokasi pintu air Gampong Pantee Aree, Jumat (30/9) petang, bersama dengan Bupati Pidie H Sarjani Abdullah, Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) Pidie Zulkifli ST, Sekretaris SDA Pidie Mussalamina ST, Kabag Humas Protokol Setdakab Pidie Safrizal SSTP MEc Dev,  dan anggota rombongan lainnya.

Adapun sepuluh desa yang terancam tidak mendapat air pada musim tanam ini adalah Tumpok Laweung, Cot Seumuda. Keduanya terletak di Kemukiman Klibeuet. Selanjutnya, Kemukiman Sanggeu; Gampong Meunasah Raya, Meunasah Keutapang, Krueng Dho. Kemukiman Paloh Gampong Lamkuta. Dan Kemukiman Kampung Baro yang meliputi Gampong Lhok Keutapang, Gampong Baro, Rawa, Gajah Aye, dan Utu

Selain mengunjungi lokasi pintu air di Pantee Aree, bupati dan rombongan kemarin juga meninjau saluran pembuangan di Desa Gampong, Kemukiman Paloh, yang  sudah tersumbat sejak lima tahun yang lalu.

Keuchik Desa Gampong, Sayed Zainal Abidin mengatakan, ketidaksertediaan air menyebabkan mereka tidak bisa menanam padi. Saluran pembuang ini masih satu aliran dengan pintu air Pantee Garot. Menurut Sayed Zainal, tersumbatnya saluran akibat kerusakan, sehingga tanah terus menumpuk hingga menyebabkan macetnya air mengalir.  Saluran yang tersumbat ini berdampak pada dua wilayah, yakni Kemukiman Paloh dan Kemukiman Teubeeng.(aya)

 gampong  kesulitan air

*Kemukiman Klibeuet: Tumpok Laweung dan Cot Seumuda

*Kemukiman Sanggeu; Meunasah Raya, Meunasah Keutapang, Krueng Dho,

*Kemukiman Paloh; Lamkuta,

*Kemukiman Kampung Baro; Lhok Keutapang, Gampong Baro, Rawa, Gajah Aye, Utu

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved