Breaking News:

Harun Keuchik Leumik Luncurkan Buku Potret Sejarah Banda Aceh

Ia memisalkan rumah Kohler dan Rumah Christiaan Snouck Hurgonje di kawasan Keudah yang tidak terlihat lagi bekasnya.

Penulis: Amirullah | Editor: Amirullah
H.Harun Keuchik Leumik menyerahkan buku Potret Sejarah Banda Aceh kepada Wali Kota, Illiza Sa aduddin Djamal 

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH – Wartawam senior H. Harun Keuchik Leumik meluncurkan buku Potret Sejarah Banda Aceh, Senin (3/10/2016) di Aula Balai Kota Banda Aceh. Buku setebal 248 halaman itu berisikan foto-foto suasana Banda Aceh mulai akhir abad 18 hingga saat ini.

Harun Keuchik Leumik dalam sambutannya mengatakan, memotret merupakan satu kebutuhan baginya, bukan hanya hobi semata. Kecintaanya kepada dunia fotografi sudah ia tekuni sejak 1959 dengan modal kamera pinjaman.

“Baru tahun 1957 saya memiliki kamera yang dibeli orangtua, dulu sangat terbatas kita mau produksi mau cetak foto ke Medan,” ujarnya.

Koleksi foto tersebu menurut Harun Keuchik Leumik merupakan aset sejarah yang ia selamatkan saat banjir besar merendam Banda Aceh.

“Saat itu banjir besar di Banda Aceh air masuk ke rumah, saya selamatkan foto-foto ini ke lantai atas, dokumen ini saya simpan,” ujarnya.

Buku dengan editor Nabhany AS ini merupakan cetakan kedua yang telah dilengkapi dengan foto-foto terbaru koleksi Pemerintah Belanda yang telah mendapat izin untuk disertakan dalam buku tersebut.

Cover buku juga memakai foto Masjid Raya Baiturrahman pasca dibakar Belanda tahun 1873, koleksi foto milik KITLV.

Dalam sambutannya, Harun Keuchik Leumik juga meminta Pemerintah Kota Banda Aceh lebih peduli akan peninggalan sejarah kota.

Ia memisalkan rumah Kohler dan Rumah Christiaan Snouck Hurgonje di kawasan Keudah yang tidak terlihat lagi bekasnya.

Menurut Harun Keuchik Leumik, Pemerintah Kota Banda Aceh bisa menginisiasi kembali pembanguan jejak sejarah Belanda tersebut sebagai warisan sejarah kota tua yang sudah berumur 811 tahun.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved