Mualem Wakili Doto Zaini

DPRA, Rabu (5/10), menggelar sidang paripurna empat rancangan qanun di Gedung Utama DPRA

Mualem Wakili Doto Zaini

* Setelah Sidang Paripurna DPRA Diskors Dua Kali

BANDA ACEH - DPRA, Rabu (5/10), menggelar sidang paripurna empat rancangan qanun di Gedung Utama DPRA. Mewakili Pemerintah Aceh hadir Wakil Gubernur Aceh, Muzakir Manaf, mewakili Gubernur Zaini Abdullah yang hingga kemarin masih berada di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta.

Sebelumnya, saat pembukaan, sidang sempat dua kali diskors atau ditunda karena Gubernur dan pihak yang mewakilinya tidak hadir. Skors pertama pada pukul 14.30 WIB, dilakukan karena anggota DPRA yang hadir belum memenuhi kuorum. Skors kedua dilakukan pada pukul 14.45 untuk menunggu kehadiran Gubernur Zaini Abdullah atau pihak yang mewakili.

Beberapa menit waktu skors kedua berjalan, tiba-tiba muncul Muzaki Manaf alias Mualem. Sejumlah anggota DPRA langsung menyambut kehadiran Wakil Gubernur Aceh tersebut dengan bertepuk tangan. Mualem duduk di depan bersama pimpinan sidang yang terdiri dari Muharuddin (ketua), Irwan Johan dan Dalimi (wakil ketua). Skors dicabut, dan sidang kembali dilanjutkan.

Sidang dimulai dengan kata sambutan dari Ketua DPRA, Tgk Muharuddin. Ia antara lain menyampaikan bahwa sidang paripurna DPRA ini dilaksanakan untuk memparipurnakan dan mengesahkan empat rancangan qanun (raqan) yang pembahasannya sudah tuntas ditingkat pertama.

Keempat raqan tersebut adalah: Rancangan Qanun Kehutanan, Rancangan Qanun tentang Perizinan Tertentu, Rancangan Qanun Pengelolaan Zakat, Infaq dan Sadaqah, dan Perubahan Qanun Nomor 5 Tahun 2012 tentang Pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur, Bupati/Wakil Bupati dan Walikota/Wakil Walikota.

Setelah selesai menyampaikan pidato pengantar pembuka sidang, Muharuddin selanjutnya mempersilakan Mualem menyampaikan sambutan, dan dalam pidatonya Mualem mengatakan bahwa ia hadir karena mendengar kabar dari beberapa anggota DPRA bahwa sidang sudah dua kali diskors sebab gubernur dan pihak yang mewakilinya belum hadir.

“Karena saya berada di Banda Aceh, saya menyempatkan diri hadir dalam sidang paripurna supaya pembukaan sidang paripurna untuk pengesahan empat rancangan qanun bisa berjalan dan disahkan dalam minggu ini, terutama Qanun Pilkada,” kata Mualem.

Usai menyampaikan pidato pengantar selama sekitar 15 menit, Mualem langsung bergegas meninggalkan ruang sidang. Pembacaan lanjutan tentang pembahasan keempat rancangan qanun itu kemudian dilanjutkan oleh Asisten III Setda Aceh, Syahrul Badaruddin.

Sementara itu, Kepala Biro Humas Setda Aceh, Frans Deliant yang dimintai informasi terkait kondisi terakhir Gubernur Zaini Abdullah mengatakan bahwa Gubernur sampai Rabu (5/10) siang kemarin masih di rawat di RSCM di Jakarta.

Kondisi kesehatan Gubernur dikatakannya akan dievaluasi kembali pada Kamis (6/10) hari ini. “Kalau kondisi kesehatan Pak Gubernur sudah bagus dan bisa kembali ke Aceh, maka Pak Gubernur akan kembali pada sore harinya,” ujar Frans Deliant.(her)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved