Robot NASA Pamer Foto Selfie di Gunung Mars

Foto Curiosity yang dipamerkan di portal resmi NASA memperlihatkan kendaraan robot beroda enam itu sedang berada di dataran rendah Gunung Sharp.

Robot NASA Pamer Foto Selfie di Gunung Mars
(NASA/JPL-Caltech/MSSS)
Swafoto Curiosity saat berada di Quela, area dataran rendah Gunung Sharp di Mars. 

SERAMBINEWS.COM -- Kendaraan robotika Curiosity milik NASA yang selama ini menjelajahi permukaan Mars, belum lama ini memamerkan swafoto dengan latar lanskap gunung tandus di planet merah itu.

Foto Curiosity yang dipamerkan di portal resmi NASA memperlihatkan kendaraan robot beroda enam itu sedang berada di dataran rendah Gunung Sharp.

Kala itu Curiosity sedang mengebor area Quela pada pertengahan September lalu. Foto panorama menakjubkan tersebut diambil menggunakan kamera MAHLI yang terletak di ujung lengan Curiosity.

Lebih lanjut, setelah robot mengumpulkan bubuk batu yang dibor, laboratorium mobile Curiosity jalan menanjaki Gunung Sharp pada 1 Oktober kemarin, sebagai bagian dari misinya yang diperpanjang selama dua tahun.

Curiosity juga menuju pinggiran bukit Sharp yang kaya akan material mineral besi oksida dan batuan tanah liat.

Hal-hal tersebut merupakan eksplorasi penting di area Gunung Sharp, sekaligus menginvestigasi bukti lingkungan Mars yang dulunya dipercaya kaya akan kandungan air.

"Kami akan terus menjangkau lapisan yang lebih tinggi di Gunung Sharp," ujar ilmuwan proyek Curiosity di Jet Propulsion Laboratory (JPL) NASA, Ashwin Vasavada di Pasadena, California.

Ia melanjutkan, "bahkan setelah empat tahun menjelajah di area dekat gunung, tempat itu masih menyimpan rahasia potensial yang mengejutkan kami."

Sekadar diketahui, pada Juli lalu tim JPL NASA mengumumkan bahwa mereka telah memperbarui peranti lunak Curiosity dengan instrumen laser.

Laser tersebut tujuannya agar ia tidak melulu bergantung pada keputusan tim ilmuwan di Bumi mengenai target batu di Mars yang perlu diteliti.

Selain itu, laser Curiosity juga akan dimanfaatkan oleh pesawat antariksa robotika ini untuk menganalisis komposisi ilmiah dari batu dan tanah Mars. (CNN Indonesia)

Editor: faisal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved