Pilkada 2017

50 Pelajar SMA Jadi Duta Pengawas

Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kabupaten Aceh Tengah menetapkan 50 pelajar SMA sebagai Duta Pengawasan Pemilu

SERAMBI/ZAINUN YUSUF 

TAKENGON - Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kabupaten Aceh Tengah menetapkan 50 pelajar SMA sebagai Duta Pengawasan Pemilu. Mereka akan bertugas untuk mengkampanyekan kepada masyarakat terutama pemilih pemula agar ikut berpartisipasi, bukannya pasif atau tidak memberi pilihan.

Mereka juga telah dibekali materi pengawasan pemilu yang disampaikan langsung oleh lima Komisioner Panwaslih Kabupaten Aceh Tengah, dalam kegiatan sosialisasi strategi pengawasan pemilu pada pemilih pemula, di Hotel Penemas, Sabtu (15/10) lalu.

Para peserta merupakan pemilih pemula yang berusia diatas 17 tahun dan dapat menggunakan hak pilihnya pada Pilkada serentak Februari 2017 mendatang. Peserta dibekali pemahaman tentang penyelenggara pemilu terutama pemahaman tentang menggunakan hak pilih dalam berpartisifasi dalam berdemokrasi.

Ketua Panwaslih Aceh Tengah, Hamidah mengatakan pengawasan pemilu merupakan tugas bersama seluruh masyarakat, bukan hanya penyelenggara saja. “Pemilu merupakan salah satu perwujudan pelaksanaan demokrasi yang pada prinsipnya diselenggarakan sebagai sarana kedaulatan rakyat,” kata Hamidah.

Ditambahkan, duta pengawasan Pemilu Aceh Tengah tidak dibekali dana dalam melaksanakan tugas. Namun sebagai pelajar, diharapkan mampu mensosialisasikan, menyampaikan pesan penyelenggara pemilu terutama sesama pelajar. “Kita berharap, mereka juga dapat menggunakan hak pilih dan ikut serta dalam mengawasi pemilu,” terangnya.

Dia menjelaskan peran serta pelajar sangat dibutuhkan, terutama mengajak rekan-rekannya untuk ikut memilih. “Pemilih pemula lebih menyukai hal-hal yang mudah dan sederhana untuk dimengerti,” kata Koordinator Divisi Humas dan Sosialisasi, Wen Rahman yang akrab disapa Wyra.

Dijelaskan, penyelenggara pemilu terutama Pengawas Pemilu tidak dimungkinkan mensosialisasikan seluruh pengawasan karena terkendala berbagai faktor. Dengan adanya Duta Pengawasan Pemilu Aceh Tengah, setidaknya pemilih pemula lebih memahami arti pelanggaraan pemilu dan ikut serta mengawasi pemilu. “Dalam sosialisasi itu, ada juga disepakati sejumlah rekomendasi yang ditandatangani bersama,” papar Wyra.(my)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved