UIN Gelar Konferensi Peradaban Islam

Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry, Banda Aceh menggelar konferensi internasional

UIN Gelar Konferensi Peradaban Islam

BANDA ACEH - Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry, Banda Aceh menggelar konferensi internasional yang akan membicarakan tentang persoalan peradaban Islam dan perkembangannya. Kegiatan yang bertajuk Ar-Raniry International Conference On Islamic Studies (Aricis I), 26-27 Oktober di kampus setempat.

Ketua Panitia kegiatan, Prof Dr Eka Sri Mulyani MA PhD, kepada Serambi mengatakan kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka hari jadi ke-53 UIN Ar-Raniry, Banda Aceh. Ia menyebutkan, Aricis I tersebut mengusung tema “Rethinking Islamic Civilization: Reawakening Muslim Social Ethics, Intelectual and Spiritual Tradition”.

“Di dalamnya nanti akan dibahas tentang peradaban Islam dengan sudut pandang kebangkitan etika sosial umat Islam, soal intelektual, dan tradisi spiritual umat Islam. Ini adalah isu-isu kekinian yang dialami dunia Islam, tema utamanya memotret upaya-upaya yang dilakukan oleh dunia Islam untuk mewujudkan peradaban Islam,” ujarnya.

Para keynote speaker kata Prof Eka, juga akan fokus berbicara pengembangan ilmu-ilmu keislaman, sub tema yang diangkat dalam konferensi internasional itu berupa kajian-kajian yang berhubungan dengan pengembangan perguruan tinggi Islam dalam kancah perkembangan global dan kajian Islam. “Juga dalam hubungannya dengan politik dan kebijakan perguruan tinggi Islam, tatakelola, tantangan global, dan sebagainya,” sebut Prof Eka.

Ia menambahkan dalam konferensi itu akan menghadirkan sejumlah ahli dalam rumpun bidang Islamic studies, sesuai dengan tema dan sub tema bahasan. Beberapa pembicara nasional yang sudah diseleksi artikelnya dan akan mempresentasikan hasil penelitiannya ada sekitar 50 orang. “Para ahli baik yang yang berasal dari Indonesia dan mereka juga para ahli yang memiliki reputasi internasional akan diundang untuk menyampaikan kajian mereka dengan meggunakan dana dari pihak kampus UIN Ar-Raniry,” pungkas Prof Eka.

Hasil dari kajian yang dipresentasikan dalam konferensi internasional tersebut, kata Prof Eka, akan dijadikan rekomendasi untuk pengembangan kajian keislaman di UIN Ar-Raniry di masa yang akan datang. Direncakan Aricis I akan dibuka malam ini oleh Gubernur Aceh, Zaini Abdullah di Meuligoe. (dan)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved