Breaking News:

RSUD Subulussalam Butuh 50 Kantong Darah Setiap Bulan

RSUD Subulussalam hingga kini membutuhkan darah paling sedikit 50 kantong setiap bulannya. Sementara stok yang dapat disediakan jauh dari kebutuhan.

Penulis: Khalidin | Editor: Yusmadi
SERAMBINEWS.COM/KHALIDIN
Wakil Wali Kota Subulussalam sedang mendonor darah, Sabtu (29/10/2016). 

Laporan Khalidin | Subulussalam

SERAMBINEWS.COM, SUBULUSSALAM - Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Subulussalam Khainuddin SKM mengimbau masyarakat di daerah ini untuk menjadi pendonor darah tetap guna membantu pasien yang membutuhkan transfusi darah.

"Jangan takut donor darah karena tidak akan membahayakan. Malah sebenarnya orang yang donor darah rutin akan membantu kesehatannya," ujar Khainuddin dalam sambutannya pada acara donor darah, Sabtu (29/10/2016) di Pelataran RSUD Kota Subulussalam.

Khainuddin menyampaikan betapa pihaknya selama ini sering kewalahan untuk menyediakan stok darah bagi pasien darurat yang butuh transfusi darah.

Dikatakan, RSUD Subulussalam hingga kini membutuhkan darah paling sedikit 50 kantong setiap bulannya. Sementara stok yang dapat disediakan hanya satu kantong jauh di bawah kebutuhan.

Padahal, menurut Khainuddin fasilitas penyimpanan darah di RSUD Subulussalam sudah sangat memadai namun yang menjadi persoalan hanya pendonor masih minim.

Sementara Wakil Wali Kota Subulussalam, Drs Salmaza MAP dalam sambutannya mendukung penuh kegiatan donor darah di daerah itu.

Dia berharap masyarakat Subulussalam ke depan tidak segan-segan menjadi pendonor tetap.

Hal ini selain menyambung hidup pasien yang membutukan juga bermanfaat bagi kesehatan. Apalagi menurut Salmaza donor tidak ada efek samping atau membahayakan.

"Ini penting demi kemunusiaan karena yang dirawat di RSUD ini juga masyarakat, saudara atau tetangga kita, mari kita giatkan donor darah ini," ujar Salmaza. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved