Disbudpar Adakan Festival Teater

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh, 1-4 November 2016 mengadakan festival teater

Disbudpar Adakan Festival Teater
Pengunjung melihat lukisan yang dipajang dalam festival teater dan pameran seni rupa di lobi Gedung Taman Budaya, Banda Aceh, Selasa (1/11/2016) malam. Sebanyak 22 lukisan karya 20 perupa dari tujuh kabupaten/kota dipajang dari tanggal 1 hingga 4 November mendatang. SERAMBI/M ANSHAR 

BANDA ACEH - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh, 1-4 November 2016 mengadakan festival teater dan pameran seni rupa di Taman Seni dan Budaya Banda Aceh.

Kadisbudpar Aceh, Reza Fahlevi seusai membuka acara mengatakan, kegiatan itu merupakan bentuk apresiasi terhadap seniman. “Mereka butuh wadah untuk berkarya. Kalau peminatnya banyak, acara ini akan kita jadikan even tetap rutin yang kita harapkan bisa berdampak positif bagi perkembangan pariwisata Aceh,” ujarnya.

Kepala UPTD Taman Seni dan Budaya serta Taman Ratu Safiatuddin, Suburhan menambahkan, pihaknya sudah menyiapkan sejumlah agenda. Namun, pelaksanaannya tentatif tergantung kesiapan seniman.

Amatan Serambi, 22 lukisan karya 20 perupa dari tujuh kabupaten/kota dipajang pada pameran seni yang dibuka pukul 10.00-23.00 WIB. Sedangkan festival teater yang berlangsung pukul 15.00-23.00 WIB melibatkan sepuluh kelompok teater dari Banda Aceh, Lhokseumawe, dan Langsa.

Lukisan yang dipajang umumnya menggambarkan tentang adat istiadat masyarakat. Seperti lukisan rumah adat yang dibangun secara gotong royong, lukisan perlengkapan upacara adat, serta lukisan tokoh-tokoh pahlawan Aceh seperti Cut Nyak Dhien dan Teuku Umar.

Sementara di festival teater ditampilkan lakon yang dimainkan secara apik oleh kaum muda dari tiga kabupaten/kota. Kedua kegiatan itu diadakan seniman untuk mengenang pahlawan.(rul)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved