Breaking News:

Belum Ada Perubahan Harga Gas Rumah Tangga

PT Pertagas Niaga sudah menyampaikan keluhan pelanggan gas rumah tangga di Kecamatan Muara

Editor: bakri
Kondisi meteran ?gas rumah tangga di sebuah rumah warga Desa Blang Panyang, Kecamatan Muara Satu, Lhokseumawe yang mulai berkarat. Foto direkam Minggu (3/1).SERAMBI/SAIFUL BAHRI 

* Terkait Wajib Bayar Minimal 10 Meter Kubik/Bulan

 LHOKSEUMAWE - PT Pertagas Niaga sudah menyampaikan keluhan pelanggan gas rumah tangga di Kecamatan Muara Satu, Lhoksuemawe, tentang kewajiban membayar minimal 10 meter kubik per bulan meskipun pemakaiannya di bawah angka tersebut, kepada pihak Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas).

Hal itu disampaikan Manajer Humas PT Pertagas Niaga, Ratna Dumila, Sabtu (5/11). Menurutnya, kebijakan tersebut merupakan aturan BPH Migas. Pihkanya sudah berkoordinasi BPH Migas terkait protes pelanggan yang meminta aturan tersebut ditinjau kembali. Bahkan ada masyarakat yang sudah mengajukan permohonan berhenti menjadi pelanggan.

“Kami secara lisan sudah membicarakan persoalan ini dengan pihak BPH Migas. Tapi sejauh ini belum ada perubahan aturan dari BPH Migas terkait harga gas rumah tangga,” kata Ratna. Menurut Ratna, penolakan tersebut bukan hanya terjadi di Lhokseumawe. Tapi juga ada di sejumlah kota di Indonesia.

Dijelaskan, gas rumah tangga ini tujuan awalnya sebagai alternatif energi gas bagi masyarakat. Dengan adanya gas rumah tangga, masyarakat tidak perlu lagi repot membeli gas, karena sudah terkoneksi langsung ke rumah. “Jadi bagi masyarakat yang hitungan per bulan pemakaian gasnya di atas 10 kubik, tentunya tetap menggunakan gas rumah tangga ini,” katanya.

Diberitakan sebelumnya, puluhan warga di Kecamatan Muara Satu, Lhokseumawe, mulai menolak rumah-rumah mereka dialiri gas rumah tangga. Bahkan ada warga yang rumahnya sempat teraliri gas rumah tangga, telah mengajukan permohonan untuk berhenti berlangganan.

Aksi protes dan penolakan itu disebabkan aturan yang mewajibkan pelanggan yang menggunakan gas di bawah 10 meter kubik setiap bulannya, tetap harus membayar seharga 10 meter kubik. Harga gas rumah tangga per meter kubik Rp 5.913 rupiah.(bah)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved