Kepolisian Negara Republik Indonesia Menjalin Kerja Sama dengan Universitas Terbuka

Kepolisian Negara Republik Indonesia melalui Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri (Lemdikpol)

Kepolisian Negara Republik Indonesia Menjalin Kerja Sama dengan Universitas Terbuka

Kepolisian Negara Republik Indonesia melalui Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri (Lemdikpol) menandatangani Nota Kesepahaman dengan Universitas Terbuka dalam menyelenggarakan Pendidikan Tinggi Terbuka Jarak Jauh (PTTJJ) bagipersonel Polri. Hal itu dilaksanakan di antaranya dalam rangka pemenuhan ketentuan perundang-undangan yang mempersyaratkan bahwa penyidik Polri ke depan wajib berijazah minimal S 1.

Mengingat kejahatan yang harus dihadapi penyidik Polri itu multidisiplin, maka personel Polri pun tidak dibatasi program studi pilihannya dalam menempuh pendidikan S 1. Nota Kesepahaman tersebut ditandatangani pada tanggal 30 Oktober 2015 oleh Kalemdikpol Polri saat itu, Komjen Drs. Syafruddin, M.Si. dan Rektor Universitas Terbuka, Prof. Ir. Tian Belawati, M.Ed., Ph. D. MengapaLemdikpol Polri menjalin nota kesepahaman dengan UT? Karena UT adalah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI Nomor 41 Tahun 1984. T menyelenggarakan pendidikan tinggi secara terbuka dan jarak jauh.

“Terbuka” artinya setiap orang yang telah lulus SLTA atau sederajat dapat menjadi mahasiswa tanpa ada pembatasan tahun ijazah, usia, dan lamanya studi. Sedangkan “jarak jauh” menyiratkan adanya jarak antara pembelajar dengan pengajar yang dijembatani oleh bahan belajar multimedia yang khusus dikembangkan untuk Perguruan Tinggi Terbuka dan Jarak Jauh (PTTJJ). Karakteristik UT ini memungkinkan setiap orang di berbagai pelosok tanah air bahkan mancanegara, baik belum maupun sudah ekerja, dapat mengikuti pendidikan tanpa terkendala ruang dan waktu; termasuk personel Polri di seluruh Indonesia.

UT adalah perguruan tinggi satusatunyadi Indonesia yang ditunjuk pemerintah untuk melaksanakan pendidikan arak jauh secara penuh. Hal itu diatur dalam PP Nomor 30 Tahun 1990 pasal 56, PP Nomor 60 Tahun 1999, dan Kepmendiknas Nomor 107/U/2011. Pendidikan jarak jauh berbeda dengan “kelas jauh”. “Kelas jauh” dilarang oleh pemerintah dan ijazahnyatidak diakui untuk penyesuaian pangkat/ abatan di PNS, atau bahkan untuk sekedar mendaftar sebagai peserta tesCPNS. Pelarangan kelas jauh dimuat dalam SE Dirjen Dikti Nomor 2559/D/T/ 97 tanggal 21 Oktober 1997, Nomor 595/D.1/T/2007 tanggal 27 Februari 2007, dan Surat Kopertis Wilayah VINomor 616/006.2/AK.10/2005.

“Kelas jauh” dilarang karena tidak mempunyai kualitas akademik yang terstandar antara mahasiswa di kampus induk dengan mahasiswa di luar kampusinduknya. Jadwal, materi erkuliahan, sarana prasarana, SDM, danpelaksanaan ujian tidak terstandar. Kehandalan UT dalam menyelenggarakan PTTJJ telah diakui dunia yang dibuktikan dengan diraihnyaSertifikat Kualitas dari International Council for Open and Distance Education (ICDE) dan International Standard Agency (ISA) pada tahun 2005, 2010, dan 2016. ICDE adalahbadan resmi di bawah naungan nesco, PBB. Pengakuan dari dalam negeri diwujudkan dalam bentuk Akreditasi BAN PT, Sertifikat ISO 9001:2008 untukPelayanan Bahan Ajar Jarak auh (sejak 2006), Bidang Pengembangan Bahan Ajar dan Bahan Ujian (sejak 2007),Layanan Administrasi Akademik (sejak 2008), serta bidang Sistem Manajemen bagi UPBJJ-UT. Program studi di UT sebagian besar terakreditasi B, dan sebagian kecil terakreditasi A (Ilmu Administrasi Bisnis, Ilmu Administrasi Negara, Manajemen, dan Sosiologi). Universitas Terbuka yang beralamat i Jalan Cabe Raya Pondok Cabe Tangerang Selatan memiliki kantor cabang di 40 kota di Indonesia.

Kantor cabang UT bernama Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ). Di Aceh hanyaada satu, yaitu UPBJJ-UT Banda Aceh yang beralamat di Jalan Pendidikan/Bahagia, Punge Blang Cut,Kecamatan Jaya Baru. Telepon 0651- 4749, 44750, 44757. Web: www.aceh.ut.ac.id, email: tbandaaceh@ut.ac.id, facebook: ut.aceh@yahoo.co.id. Apabila di kabupaten-kabupaten atau kota-kota diProvinsi Aceh terdapat UT, itu bukan Kantor UT; melainkan kantor sekretariat Kelompok Belajar Mahasiswa UT.

UT menerima mahasiswa baru dua kali dalam satu tahun, yaitu Desember – 13 Januari dan Juni – 13 Juli. Pendaftaran Sosialisasi di Karo SDM Polda Aceh Sosialisasi ke Personel Polresta Banda AcehSosialisasi ke perwira Polresta Banda Aceh Sosialisasi ke Personel Polda Aceh Sosialisasi ke Personel Polres Aceh Timur Sosialisasi ke Personel Polres Aceh amiang Sosialisasi di Polres Nagan Raya Sosilalisasi dengan Polwan Polresta Banda Aceh dapat dilakukan di Kantor UPBJJ-UT Banda Aceh, Jalan Pendidikan/ ahagia, Punge Blang Cut Banda ceh. Bagi calon mahasiswa yang jauh, cukup mendaftar di Sekretariat Mahasiswa UT yang berada di 23 kabupaten/kota se-Provinsi Aceh,atau melakukan registrasi online di: sro.ut.ac.id. Persyaratan untuk program Diploma/S-1 FMIPA, FEKON, FISIP, FKIP:
- Mengisi formulir pendaftaran (dapat didownload di www.ut.ac.id atau diminta di Kantor UPBJJ, gratis)
- Fotocopy ijazah SLTA atau yang sederajat yang sudah dilegalisasi
- Pas foto 2x3 cm 2 lbr, 4x6 cm 1 lbr dan materai Rp. 6000 sebanyak 1 lbr
- Fotocopy SK Yayasan/NUPTK sebagai guru (khusus calon mahasiswa FKIP) yang dilegalisasi
- Tanpa tes. Persyaratan S-2 MAP, MMP, MM, MMPt:
- Fotocopy ijazah S-1/D-IV yang sudah dilegalisasi
- Khusus untuk program Magister Pendidikan Matematika (MPMt) harus berijazah S-1 serumpun matematika dan mengajar matematika - Pas foto ukuran 2 X 3 cm sebanyak 3 lembar
- Pas foto ukuran 3 X 4 cm sebanyak 2 lembar
- Lulus tes masuk

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved