Kopertis Aceh Dampingi Penguatan Program Studi

Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah XIII membentuk tim pendampingan

Kopertis Aceh Dampingi Penguatan Program Studi

BANDA ACEH - Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah XIII membentuk tim pendampingan 20 program studi (prodi) untuk delapan perguruan tinggi swasta (PTS) di Aceh.

Tim ini akan melakukan pembimbingan langsung ke PTS-PTS yang ada di Aceh untuk mendongkrak akreditasi prodi agar mendapat peringkat yang lebih baik dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Sehubungan dengan itu, Koordinator Kopertis Wilayah XIII, Prof Dr Jamaluddin MEd telah menunjuk Dr Ismail Muhammad MAg, Dosen UIN Ar-Raniry, sebagai Ketua Tim Pendamping Penguatan Prodi di lingkungan Kopertis XIII.

Pada Rabu (16/11) kemarin, tim yang dipimpin Ismail Muhammad itu melakukan pendampingan penguatan prodi yang dikhususkan untuk melatih prodi dalam mengisi borang (formulir) akreditasi. Acara tersebut dipusatkan di Politeknik Aceh dan mendapat sambutan baik dari prodi yang ikut serta dalam program pendampingan ini.

Prodi yang mengikuti program pendampingan akreditasi ini, antara lain, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Ilmu Hukum, Manajemen, Teknik Sipil, dan Agroteknologi Universitas Muhammadiyah Aceh (Unmuha); Teknik Informatika Politeknik Aceh; Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Biologi, dan Teknologi Pangan Universitas Serambi Mekkah (USM); dan Prodi Peternakan dan Teknik Mesin Universitas Abulyatama (Unaya).

Kopertis juga telah mengadakan kegiatan serupa untuk beberapa PTS di daerah pada tanggal 9 November 2016, seperti STKIP Muhammadiyah Aceh Barat Daya untuk Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, dan Agroteknologi di Universitas Gunung Leuser, Peternakan dan Ilmu Administrasi Negara di Universitas Gajah Putih Takengon, dan Universitas Al-Muslim untuk Prodi Ilmu Administrasi Negara, Teknik Sipil, PGSD, Peternakan, dan Ekonomi Pembangunan.

Pendampingan penguatan prodi yang dilakukan di daerah tersebut difasilitasi oleh auditor dan pakar penjaminan mutu perguruan tinggi seperti, Dr Ismail Muhammad MAg, Dr Sri Rahmi MA, Jalaluddin MPd, dan Drs M Ridhwan MPd.

“Prodi yang ingin memperbaiki peringkat akreditasi sangat dipengaruhi oleh komitmen pimpinan perguruan tinggi dalam peningkatan kualitas penyelenggaraan pendidikan tinggi dan harus didukung oleh implementasi sistem penjaminan mutu internal (SPMI), kelengkapan prasarana dan sarana, serta sumber daya manusia yang produktif,” ujar Koordinator Kopertis Wilayah XIII, Prof Dr Jamaluddin MEd.

Selain itu, Kasi Kepegawaian Kopertis XIII, M Jakfar mengatakan, Kopertis bersama dengan PTS di Aceh harus sama-sama bekerja keras untuk meningkatkan akreditasi program studinya karena hal ini sangat menentukan mutu daya saing lulusan dan perkembangan pendidikan tinggi di Aceh. (dik)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved