Dekranasda Atim Latih Pengrajin Tikar Pandan

Dewan Kerajinan Daerah (Dekranasda) bekerja sama dengan Disperindagtamkop Aceh Timur (Atim) melatih kaum ibu

Dekranasda Atim Latih Pengrajin Tikar Pandan
PETUGAS stan pameran Kabupaten Aceh Utara memperlihatkan tikar pandan hasil kreasi daerah ini yang dipamerkan para ajang Hari Aksara Internasional (HAI) ke 50 tingkat Provinsi Aceh di Lapangan Sada Kata, Subulussalam, Rabu (11/11). SERAMBI/KHALIDIN 

IDI - Dewan Kerajinan Daerah (Dekranasda) bekerja sama dengan Disperindagtamkop Aceh Timur (Atim) melatih kaum ibu cara pembuatan anyaman tikar pandan di Aula Dinas setempat selama empat hari, sejak Kamis (17-20/11).

Meutia Alinda Amhar yang juga istri Plt Bupati Aceh Timur Prof Amhar Abubakar dalam sambutannya mengatakan, pelatihan anyaman tikar pandan tersebut bertujuan memperkuat jaringan klaster industri.

Seperti diketahui, kata dia, di Aceh Timur terdapat berbagai macam industri kerajian rakyat yang tersebar di desa-desa, di antaranya kerajinan anyaman tikar, tenun, bordir dan sebagainya. Namun industri kerajinan anyaman tikar telah ditetapkan sebagai kerajinan unggulan.

“Kami mengetahui bahwa ibu-ibu dan adik-adik perajin telah memproduksi berbagai jenis ayaman, namun demikian keberhasilan usaha kerajinan ini harus senantiasa dikembangkan guna mengantisipasi persaingan mutu dari perajin yang ada di luar kita,” ungkapnya.

Melalui pelatihan ini, kata dia, Dekranasda Aceh Timur tetap berkomitmen mengembangkan dan meningkatkan mutu produk dari ibu-ibu pengrajin, karena mutu suatu produk ditentukan oleh nilai-nilai yang terkandung dalam desainnya.

“Melalui pelatihan ini juga diharapkan ibu-ibu pengrajin dapat memperoleh masukan dalam mendiversifikasi produk anyaman pandan, sehingga mempunyai peluang pasar yang lebih besar,” ungkapnya.(c49)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved