YPB HAM Desak Realisasi Qanun Bantuan Hukum

Yayasan Pos Bantuan Hukum Hak Asasi Manusia (YPB-HAM) Pidie mendesak Pemerintah Kabupaten

YPB HAM Desak Realisasi Qanun Bantuan Hukum

SIGLI - Yayasan Pos Bantuan Hukum Hak Asasi Manusia (YPB-HAM) Pidie mendesak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat segera merealisasikan Qanun Bantuan Hukum untuk Masyarakat Miskin, yang telah disahkan Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) setempat sejak dua bulan lalu.

Direktur YPB-HAM Pidie, Said Safwatullah SH, Minggu (20/11) mengatakan, meski qanun ini sudah disahkan sejak dua bulan lalu, namun hingga kini tidak berjalan. Padahal pihaknya berharap dengan adanya qanun ini, upaya advokasi yang diberikan kepada masyarakat miskin yang tersangkut persoalan hukum bisa lebih maksimal.

Ia menyebutkan, selama ini YPB-HAM Pidie telah memberikan bantuan hukum untuk masyarakat miskin di kabupaten ini. Upaya pendampingan hukum yang dilakukan pihaknya dinilai masih rendah dibandingkan dengan banyaknya warga miskin di daerah ini yang bermasalah hukum namun tidak mendapat pendampingan.

“Hal ini dibuktikan, dalam beberapa tahun terakhir, quota kasus yang diberikan kepada kami sangat minim, yaitu hanya sekitar 27 kasus. Sementara, kasus yang dialami masyarakat miskin di daerah ini sangat banyak,” ujarnya.

Terkait dengan persiapan penerapan qanun ini, pihaknya pun sudah menyiapkan tiga pengacara untuk memberi bantuan hukum terhadap masyarakat miskin yang terbelit masalah hukum.

Sekretaris Daerah (Sekda) Pidie, Amiruddin SE MSi, Minggu (20/11) mengatakan, untuk merealisasikan qanun tersebut, perlu dilakukan penganggaran kembali yang diusul melalui APBK tahun 2017 mendatang.

“Sebelum qanun ini diterapkan, juga perlu ditetapkan lembaga/SKPK yang akan mengawasi penggunaan anggarannya. Sehingga anggaran yang dikucurkan nanti, benar-benar efektif dan tepat sasaran,” jelasnya.

Ia mengatakan, Pemkab Pidie tetap berkomitmen memberikan bantuan hukum bagi masyarakat miskin. Namun untuk pelaksanaannya saat ini masih perlu penyusunan mekanisme dalam pelaksanaannya.(c43)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved