Ini Dia 10 Penjara Paling Ketat Sedunia

Pada 2002, 122 tahanan dilaporkan bunuh diri. Investigasi yang dilakukan kemudian terungkap bahwa para tahanan itu mati lemas karena kehabisan napas

SERAMBINEWS.COM - Penjara yang sepertinya tempat steril dan tidak bisa sembarang keluar-masuk pun bobol juga. Namun, ada penjara yang sepertinya berbeda.

Berikut peringkat 10 besar penjara yang paling aman. Pemeringkatan berdasarkan tiga parameter, yaitu lapisan keamanan, jumlah sipir, dan perangkat canggih untuk menunjang keamanan.

10. Penjara Qincheng (China) | Penjara ini mempunyai tingkat keamanan maksimum. Berlokasi di atas bukit setinggi kira-kira 3.000 kaki di atas permukaan laut. Usaha meloloskan diri hanya akan berakhir dengan terjun bebas dan tewas di dasar jurang.

Penjara ini dijaga sekitar 5.000 penjaga, berikut dengan kamera dan peralatan elektronik lain. Karena berada di tempat tinggi, penjara ini mempunyai menara pengintai tertinggi di antara penjara lainnya.

9. Penjara Militer Tadmor (Siria) | Kebenaran tentang penjara ini terungkap pascaoperasi penanggulangan pemberontakan di Siria. Pendukung demokrasi yang dipenjara di sini diperlakukan dengan brutal dan kejam.

Bahkan, pintu masuk ke penjara ini juga ditutup secara permanen dan tidak ada gerbang masuk. Cara masuknya yaitu melalui terowongan bawah tanah yang dibuat seadanya, sempit dan harus dilalui dengan merangkak. Terowongan ini juga dilengkapi dengan detektor laser. Siapa pun yang ketahuan melewati terowongan ini tanpa izin akan dieksekusi.

8. Kamp Delta/Teluk Guantanamo (Amerika Serikat) | Penjara Kamp Delta dibuat oleh para insinyur angkatan laut Seabees. Kondisi terakhir, penjara ini ditutup karena laporan praktek penyiksaan fisik yang kejam di penjara ini. Penjara ini dikenal sebagai tempat interogasi yang jamak dilakukan oleh intelijen dan tentara Amerika.

Penjara ini mempunyai level keamanan yang tinggi, dengan penjaga dengan jumlah besar. Terkadang, jumlah penjaga dibandingkan tahanannya bisa mencapai 12 penjaga untuk satu tahanan! Hampir mustahil bisa kabur dari penjagaan 12 penjaga dari komando angkatan laut Amerika yang terlatih.

 7. Penjara Fuchu (Japan) |Penjara terbesar di Jepang ini mempunyai teknologi tercanggih yang bisa dibuat Jepang untuk sistem penjagaan, sehingga merupakan penjara dengan sistem peringatan elektronik tercanggih di dunia. Bukan Cuma warga negara Jepang, penjara ini juga menampung tahanan dari luar negeri.

Pihak pemerintah Jepang yang tidak pernah membeberkan sistem kemanan tersebut ke publik menjadikan penjara ini paling rahasia, sekaligus menjadi penjara paling teratur di dunia.

Halaman
123
Editor: Amirullah
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved