Pilkada 2017

Panwaslih Singkil Diminta Segera Tertibkan Baliho

eberapa kandidat bupati di Singkil menyorot kinerja Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) yang hingga

Panwaslih Singkil Diminta Segera Tertibkan Baliho

SINGKIL - Beberapa kandidat bupati di Singkil menyorot kinerja Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) yang hingga sekarang belum menertibkan baliho dan spanduk pasangan calon yang banyak bertebaran di daerah tersebut.

Salah satunya disampaikan oleh calon bupati nomor urut 4, Putra Ariyanto. Ia mengatakan bahwa pilkada jangan dijadikan mainan dengan membiarkan pelanggaran terus terjadi. Penertiban baliho dia katakan, bukan lah delik aduan sehingga tidak perlu menunggu ada pihak yang melapor.

“Sebaiknya tanya mata hati, kalau ecek-ecek (main-main) untuk apa ada pertemuan. Panwas tinggal datang saja ke rumah, tekenkan SPPD selesai perkara,” kata Putra saat menghadiri silaturahmi dan sosialisasi pengawasan di kantor Panwas Aceh Singkil, Rabu (23/11).

Hal senada juga diutarakan calon bupati nomor urut 2, Yakarim Munir. Selain masalah baliho, ia juga menyinggung tentang pemasangan stiker yang membalut seluruh body mobil salah satu kandidat. “Saya punya pengalaman tahun 2012, ketika mobil saya dibalut stiker calon gubernur ditangkap polisi. Ini kan alat peraga berjalan,” ujar Yakarim.

Sementara calon bupati nomor urut 1, Safriadi, mengetakan, sepengetahuannya, Panwaslih belum bisa menertibkan baliho karena belum ada pengganti yang diberikan KIP. Sedangkan mengenai mobil berbalut sticker, menurutnya itu juga terjadi di daerah lain.

Terkait persoalan tersebut, Ketua Panwaslih Aceh Singkil, Baihaqi, menjelaskan, pihaknya bukan tidak bekerja menertibkan baliho. Dia mengaku sudah menyurati KIP untuk melakukan penertiban.

“Kami tidak punya kewenangan eksekusi. KIP dalam waktu dekat akan mengundang Panwas terkait baliho serta stiker mobil,” kata Baihaqi.

Sedanghkan Wakapolres Aceh Singkil, Kompol Mughi Prasetyo Habrianto, yang diminta memberi tanggapan menyatakan, pemasangan stiker sifatnya sementara. Hanya saja pemasangannya tetap mengacu pada aturan keselamatan berlalu lintas.(de)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved