Lubang di Simpang BPKP Bahayakan Pengguna Jalan

Jalan TP Nyak Makam persisnya di Simpang BPKP Gampong Doi, Kecamatan Ulee Kareng Banda Aceh, kini rusak parah

Lubang di Simpang BPKP Bahayakan Pengguna Jalan
SERAMBI/ MUHAMMAD NASIR 

BANDA ACEH - Jalan TP Nyak Makam persisnya di Simpang BPKP Gampong Doi, Kecamatan Ulee Kareng Banda Aceh, kini rusak parah. Bahkan lubang besar itu sangat mengganggu para pengguna jalan. Karena itu, masyarakat mengharapkan Pemerintah Kota (Pemko) Banda Aceh segera memperbaiki sarana perhubungan tersebut.

Amatan Serambi Jumat (25/11) di depan sebuah toko material bangunan dekat lampu lalu lintas, sejumlah lubang jalan tergenang air. Kondisi ini menyulitkan pengendara dari arah Lampineung yang berbelok kiri ke Ulee Kareng, yang bisa langsung jalan tanpa mengikuti isyarat lampu.

Pemilik toko material bangunan yang berada di dekat lokasi lubang, Zainal (48) mengatakan, jalan berlubang itu telah banyak ‘memakan’ korban, terlebih saat musim hujan. “Saat musim hujan, lubang-lubang itu selalu tergenang air dan tak terlihat. Sehingga banyak sepeda motor terjatuh saat melintas di jalan ini,” katanya.

Menurut Zainal, dirinya bersama warga sekitar sudah beberapa kali menimbun lubang-lubang jalan itu dengan kerikil. Namun lubang yang ditambal seaadanya itu kembali terbuka. Karena itu, Zainal mengharapkan Pemko Banda Aceh melalui instansi terkaitnya segera memperbaiki jalan yang telah rusak tersebut.

Hal senada juga disampaikan Dosen Fakultas Teknik Unsyiah), Dr Ir Sofyan M Saleh MSc Eng mengatakan, kondisi jalan rusak di Simpang BPKP itu disebabkan oleh penggalian jalan yang tidak tuntas. “Pinggir jalan itu pernah digali untuk penanaman kabel atau pipa, tapi bekas galian itu tidak dipadatkan kembali sehingga kondisi tanahnya jadi labil,” ujarnya.

Menurut Dr Sofyan, galian itu seharusnya terlebih dulu diisi dengan kerikil, dipadatkan dengan mesin gilas, lalu disemen beton.

“Kalau permukaannya cuma pakai aspal goreng, ya jelas pecah lah. Minimal pakai beton setebal 20 cm baru aman,” ujar pria yang juga menjabat Wakil Ketua Himpunan Pengembangan Jalan Indonesia (HPJI) Provinsi Aceh itu.

Segera Diperbaiki
Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Banda Aceh, Ir Syamsul Bahri yang ditanyai Serambi kemarin tak membantah bahwa jalan TP Nyak Makam persisnya di Simpang BPKP itu telah rusak dan berlubang. Dijekaskannya, bahwa jalan itu adalah Jalan Provinsi sehingga kewenangan untuk memperbaiki adalah pihak instansi terkait provinsi pula.

Begitupun, Syamsul mengaku telah memerintah petugasnya untuk memperbaiki jalan itu secara darurat. Sebab, kondisinya sudah cukup parah. “Meskipun itu jalan provinsi, tapi saya telah meminta petugas untuk segera memperbaikinya dan itu akan terlaksana dalam waktu dekat,” ujar Syamsul Bahri berjanji. Bukan hanya di lokasi itu, juga ada beberapa lubang lainnya di Jalan T Iskandar ke arah Ulee Kareng juga perlu segera ditutupi.(mis/fit)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved