Pilkada 2017

9 PNS Aceh Timur Dinyatakan Bersalah

Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Aceh Timur memutuskan bersalah kepada sembilan sembilan PNS

9 PNS Aceh Timur Dinyatakan Bersalah
Kepala Dinas Kesehatan Aceh Timur, Drs Kamarullah SKM dan Kabidnya dr Zulfikry, menghadiri pemanggilan Panwaslih Aceh Timur, Kamis (24/11). Keduanya tiba di ruangan sentra Gakkumdu Panwaslih Aceh Timur pukul 13.45 WIB, untuk dimintai klarifikasi karena terlibat foto bersama dengan calon bupati petahana Hasballah alias Rocky dengan mengacungkan dua jari Senin (14/11). 

* Berfoto dengan Kandidat Sambil Acungkan Dua Jari

IDI - Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Aceh Timur memutuskan bersalah kepada sembilan sembilan PNS jajaran dinas kesehatan Aceh Timur yang terlibat foto bersama dengan calon bupati petahana, H Hasballah alias Rocky, sambil mengacungkan dua jari.

Kesembila PNS tersebut melakukan sesi foto bersama saat acara gotong royong memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-52 yang berlangsung di lingkungan Dinas Kesehatan Aceh Timur, Senin, 14 November 2016.

Ketua Panwaslih Aceh Timur, Zainal Abidin, dalam siaran persnya kepada Serambi, Kamis (1/12), mengatakan hasil klarifikasi terhadap kesembilan PNS tersebut telah diplenokan pada 27 November kemarin, yang dihadiri oleh semua komisioner.

“Hasilnya, semua yang telibat dalam foto bersama itu kami nyatakan melanggar disiplin dan netralitas serta profesionalisme sebagai Apatur Sipil Negara (ASN) seperti yang diatur dalam UU RI Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN,” kata Zainal Abidin.

Meski dalam rapat pleno sempat terjadi perdebatan alot, tetapi menurut Zainal, pada prinsipnya semua sepakat bahwa kesembilan PNS tersebut melanggar prinsip-prinsip profesionalisme sebagai ASN. Ini terlihat dari hasil klarifikasi yang telah dilakukan secara maraton terhadap semua orang yang terlibat dalam foto tersebut.

“Kita melakukan klarifikasi secara terpisah untuk semua yang terlibat. Hasilnya memang semua yang terlibat dalam foto bersama itu mengindikasikan keberpihakannya, baik secara niat maupun tindakan,” jelas Zainal.

Dengan demikian, kesembilan PNS itu diduga telah melanggar pasal 2, pasal 3 dan pasal 5 ayat (2) Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, dan melanggar PP Nomor 53 Tahun 2010 Pasal 4 ayat (15) huruf (c) tentang disiplin Pegawai Negeri Sipil.

“Maka dari itu Panwaslih Aceh Timur merekomendasikan kepada Pejabat Pembina Kepegawaian Pemerintah Kabupaten Aceh Timur untuk menjatuhkan hukuman disiplin terhadap nama-nama yang tersebut di atas. Hukuman disiplin yang dimaksud sesuai dengan pasal 7 PP Nomor 3 Tahun 2010 berdasarkan tingkat kesalahannya masing-masing,” pungkas Zainal.

Putusan Panwaslih Aceh Timur tersebut selanjutnya akan dituangkan dalam bentuk surat rekomendasi untuk kemudian diteruskan kepada pihak terkait untuk diambil tindakan. “Karena khusus ASN, mereka punya lembaga sendiri yang berwenang mengambil tindakan berdasarkan hasil rekomendasi kita,” imbuhnya.

Halaman
12
Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved