“Tolong Kami, Pak Gubernur”

KORBAN banjir Singkil yang berkerumun di pinggir jalan mencegat rombongan Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh

“Tolong Kami, Pak Gubernur”
Plt Gubernur Aceh, Mayjen Purn Soedarmo menyapa korban banjir di Desa Ujung Bawang, Singkil, Aceh Singkil, Kamis (1/12). 

KORBAN banjir Singkil yang berkerumun di pinggir jalan mencegat rombongan Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh, Mayjen TNI (Purn) Soedarmo, Kamis (1/12) siang. Beberapa di antaranya berteriak minta Soedarmo melihat rumahnya yang tenggelam.

Teriakan warga tersebut terlontar ketika mereka berhasil memberhentikan iring-iringan mobil dinas Plt Gubernur, Pangdam IM Mayjen TNI Tatang Sulaiman, dan Kapolda Irjen Pol Rio S Djambak dari Bandara Syekh Hamzah Fansyuri di jembatan Ujung Bawang. Dengan pakaian basah kuyup, korban banjir mencari mobil yang ditumpangi Soedarmo. “Mana gubernurnya?” tanya warga yang berkerumun di tepi jalan.

Ketika menemukan orang yang dicari, sambil bersalaman warga mengeluarkan segala unek-uneknya. Terutama terkait solusi agar rumahnya bisa ditinggikan, sehingga tidak selalu terendam banjir.

“Pak Gubernur, tolong kami. Tinggikan dan lihatlah rumah kami,” ujar seorang warga dalam bahasa asli Singkil.

Mendengar keluhan warga tersebut, Plt Bupati Aceh Singkil, Asmauddin SE yang bertindak sebagai penerjemah bagi Soedarmo, menjelaskan keinginan warga.

Mendengar permintaan itu, Plt Gubernur meminta warga bersabar, karena pemerintah sedang berusaha mencari solusi.

Ia juga memerintahkan jajarannya, terutama Dinas Pekerjaan Umum, segera membuat saluran pembuangan ke arah laut, sehinga air banjir lekas surut. “PU yang mengerti teknis membuat saluran agar banjir tidak bertahan lama,” ujarnya.

Sebelumnya iring-iringan mobil Plt Gubernur Aceh sempat distop korban banjir di Suka Damai. Sejatinya rombongan dari bandara akan langsung menuju dapur umum di dekat SD Ujung Bawang, selanjutnya menuju posko utama di Kantor Bupati Aceh Singkil di Pulau Sarok serta dapur umum di Desa Suka Makmur.

Tapi lantaran perjalanan terhambat, Soedarmo, mengurungkan rencana mengunjungi dapur umum di Suka Makmur.

Setelah menyerahkan bantuan secara simbolis kepada Plt Bupati Aceh Singkil, di kantor bupati, Plt Gubernur dan rombongan langsung kembali ke Bandara Syekh Hamzah Fansyuri, untuk kembali ke Banda Aceh naik heli Kodam Iskandar Muda. (dede rosadi)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved