Pilkada 2017

Panwaslih Aceh Jaya Periksa 23 PNS

Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Aceh Jaya, Jumat (2/12), memeriksa 23 PNS yang diduga terlibat dalam politik praktis

Panwaslih Aceh Jaya Periksa 23 PNS
Google/net

CALANG - Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Aceh Jaya, Jumat (2/12), memeriksa 23 PNS yang diduga terlibat dalam politik praktis dengan mendukung kandidat bupati tertentu dalam pilkada nanti. Pemeriksaan berlangsung selama dua hari, Kamis dan Jumat (1-2/12).

“Mereka yang kita periksa itu diduga terlibat dalam politikpraktis yang dilaporkan oleh timses pendukung calon kandidat bupati nomor urut dua,” kata Ketua Panwaslih Aceh Jaya, Muhadi SE, kepada Serambi, kemarin.

Para PNS tersebut dia katakan, berasal dari salah satu SKPK di Aceh Jaya. Dari hasil pemeriksaan itu, Panwaslih nanti akan mengeluarkan surat rekomendasi kepada pihak berwenang untuk melakukan penindakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Sanksinya bisa saja dipecat. Karena itu, ini bisa menjadi pelajaran bagi PNS lain agar jangan coba-coba terlibat dalam politik praktis,” pungkasnya.

Ini merupakan kasus kedua yang terjadi di Aceh menjelang Pilkada 2017. Sebelumnya, Panwaslih Aceh Timur juga telah memeriksa dan meminta klarifikasi kepada sembilan PNS di jajaran dinas kesehatan yang melakukan foto bersama dengan calon bupati petahana sambil mengacungkan dua jari.

Dari hasil klarifikasi yang dilakukan, Panwaslih dalam rapat pleno-nya memutuskan bahwa kesembilan PNS tersebut bersalah, karena mengindikasikan keberpihakan, baik secara niat maupun tindakan.

Panwaslih Aceh Timur merekomendasikan kepada Pejabat Pembina Kepegawaian Pemerintah Kabupaten Aceh Timur untuk menjatuhkan hukuman disiplin terhadap kesembilan PNS tersebut, sesuai dengan pasal 7 PP Nomor 3 Tahun 2010 berdasarkan tingkat kesalahannya masing-masing.(c45)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved