PTS Aceh Dapat Pendampingan Penjaminan Mutu

Sebelas program studi (prodi) dari tiga perguruan tinggi swasta (PTS) di Aceh mendapat pendampingan siklus Sistem Penjaminan Mutu Internal

BANDA ACEH - Sebelas program studi (prodi) dari tiga perguruan tinggi swasta (PTS) di Aceh mendapat pendampingan siklus Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) yang dimotori Kopertis Wilayah XIII Aceh.

Kegiatan itu dilaksanakan di Universitas Serambi Mekkah (USM) Banda Aceh, Rabu (1/12), dihadiri sebelas kepala program studi (prodi) yang diharapkan dapat meningkatkan akreditasi prodinya dari C menjadi B dan dari B menjadi A. Juga dihadiri oleh kepala-kepala unit jaminan mutu prodi dari masing-masing PTS yang diundang, mencakup Universitas Muhahammadiyah (Unmuha) Banda Aceh, USM Banda Aceh, dan Universitas Abulyatama (Unaya) Aceh Besar.

“Mereka dituntun untuk mempersiapkan borang (formulir) akreditasi yang sesuai dengan persyaratan BAN-PT, sehingga pada saat penilaian nanti bisa mendapatkan nilai akreditasi yang cukup baik,” kata Koordinator Kopertis Wilayah XIII Aceh, Prof Dr Jamaluddin Idris MEd saat membuka acara tersebut.

Prodi yang ikut program pendampingan untuk memperkuat mutu PTS ini, antara lain, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Ilmu Hukum, Manajemen, Teknik Sipil, dan Agroteknologi Unmuha Banda Aceh, Teknik Informatika Politeknik Aceh, Penjaskes dan Rekreasi, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Biologi, dan Teknologi Pangan USM Banda Aceh, serta Prodi Peternakan dan Teknik Mesin dari Unaya Aceh Besar.

Dalam acara itu, peserta dibimbing cara mengimplementasikan SPMI, sehingga saling terintegrasi dengan semua standar yang telah ditetapkan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi RI. Acara ini dibahani oleh Jalaluddin MPd dan M Ridhwan MPd dari Universitas Syiah Kuala.

Kegiatan serupa telah didapatkan oleh sejumlah PTS di daerah pada 23 November 2016, seperti STKIP Muhammadiyah Aceh Barat Daya untuk Prodi Pendidikan Bahasa Inggris dan Universitas Gunung Leuser untuk Prodi Agroteknologi serta Universitas Gajah Putih Takengon untuk Prodi Peternakan dan Ilmu Administrasi Negara.

Tak terkecuali Universitas Al-Muslim, Peusangan, Bireuen, untuk
Prodi Ilmu Administrasi Negara, Teknik Sipil, Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Peternakan, dan Ekonomi Pembangunan. (dik)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved