KM Satria Hilang Kontak

Kapal Nelayan KM Satria 6 GT asal Meukek, Kabupaten Aceh Selatan yang berangkat pada Sabtu (26/11) dilaporkan hilang

KM Satria Hilang Kontak

TAPAKTUAN - Kapal Nelayan KM Satria 6 GT asal Meukek, Kabupaten Aceh Selatan yang berangkat pada Sabtu (26/11) dilaporkan hilang kontak ketika sedang berlayar di perairan Aceh Selatan. Ketua Satgas SAR Aceh Selatan, May Fendri SE, Sabtu (3/12) malam mengatakan kapal tersebut membawa tiga awak yakni Anhar (Tekong) yang juga pemilik kapal, Ferry dan Samsuar. “KM Satria berangkat Pada Sabtu 26 November 2016.

Namun sejak Senin 28 November 2016, Kapal tersebut hilang kontak dan radio komunikasi tidak aktif lagi,” kata May Fendri kepada Serambi, Sabtu (3/12) malam. Disebutkan pada Jumat (2/12), diterima informasi bahwa kapal nelayan asal Sibolga menemukan sebuah fiber pada posisi sekitar 23 mil arah utara Pulau Simeulue. “Selanjutnya fiber tersebut diserahkan kepada salah satu kapal nelayan dari Aceh Selatan, karena diduga milik kapal nelayan dari Aceh Selatan,” ungkapnya.

Menurut May Fendri, kapal nelayan yang menerima fiber tersebut menyatakan bahwa benar fiber itu milik KM Satria. “Kami sangat menyayangkan sikap Pemkab dan Kadis Kelautan Aceh Selatan yang katanya sudah berkoordinasi dengan SAR Simeulue. Sebab sewaktu saya tanyakan tentang musibah tersebut, Korpos SAR Simeulue mengaku tidak menerima berita tersebut,” kata May Fendri.

Menurut dia seharusnya jika ada kejadian semacam itu, Pemkab Aceh Selatan dan Dinas Kelautan Aceh Selatan terlebih dulu berkoordinasi dengan SAR Aceh Selatan bukan langsung ke Korpos SAR Simeulue. Sebab kalaupun dilaporkan tetap akan diarahkan berkoordinasi dengan SAR setempat. “Setiap ada kejadian, Satgas SAR Aceh Selatan tetap berkoordinasi dan meminta bantuan kepada SAR Simeulue SAR Meulaboh, SAR Pulau Banyak,” ujarnya. Kendati demikian, lanjut May Fendri, SAR Aceh Selatan bersama SAR lainnya akan terus berupaya untuk menemukan korban.(tz)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved